Biaya Jasa Sumur Bor Dalam

sumurbor-murah.com – Asumsikan saja biaya pengeboran sumur bor dengan kedalaman 12 meter mencapai Rp2 juta lengkap dengan pemasangan mesin pompa sumur bor, jadi berapakah biaya sumur bor 80 meter? Dapat dipastikan lebih mahal dari harga tersebut.

Sumur

Jasa Sumur Bor Dalam Di Jakarta Dan Indonesia

Sumur Bor Terbagi kembali menjadi beberapa kategory , yang sekarang sedang diminati adalah sumur dalam / deep dwell

kenapa ?

karena sumur dalam ini memberikan lebih banyak keuntungan

diantaranya adalah :

  1. Lebih dalam dari pada sumur bor lainnya
  2. lebih bisa menghasilkan air yang jernih
  3. air melebihi lapisan tanah sehingga hampir setiap saat ada air untuk diambil / sedot
  4. harga lebih hemat dibanding sumur bor lainnya

sehingga jasa sumur bor dalam di jakarta , jabodetabek, jawa , kalimantan sulawesi dan sumatra ini sangat diminati

anda bisa order sekarang untuk pengerjaan sumur dalam ini

Tipe-tipe pompa mesin Sumur Bor dalam

Mesin pompa ini juga terbagi lagi menjadi dua tipe, yaitu pomp air jet dan pompa submersible.

Berikut pemaparannya secara singkat.

  • Pompa jet (jetpump) sumur dalam

Mesin pompa air jenis ini biasa dipasang di berbagai macam sumur baik itu sumur dalam maupun sumur besar maupun sumur bor. Hanya saja, pompa jet pump memiliki keterbatasan daya hisapnya maksimum hanya sampai 60 meter.

Sumur

Pompa jet biasanya memerlukan daya listrik yang relaif besar karena menggunakan motor penggerak elektrik dengan tenaga yang lebih besar dari tipe pompa sumur dangkal.

  • Mesin pompa air submersible

Pompa ini disebut juga pompa air benam karena pemasangannya harus dibenamkan di dalam air, resikonya pompa jadi mudah rusak karena bila dinyalakan di area kering terlalu lama, sehingga tidak bisa diangkat dari sumur.

Pompa ini tidak memiliki daya hisap, hanya memiliki daya dorong yang mampu dicapai dengan menyesuaikan power mesin terhadap kebutuhan debit air yang diinginkan. Mesin ini bebas dari suara bising ketika dinyalakan, dan memilimi sistem pendingin alami karean selalu terendam di dalam air. alat ini akan dapat berfungsi secara maksimal selama sumber air tidak mengering.

Nah itulah perbedaan dua tipe pompa mesin untuk sumur. Masing-masing memiliki kelebihan dan kekuranganya. Dalam pemasangan pompa air untuk sumur bor 20 meter, yang paling tepat jelas pompa jetpump jika merujuk pada penjelasan di atas.

baca juga Cara Membuat Saringan Air Sumur Bor Sederhana

Pemanfaatan sumur bor dengan pompa jetpump

Memanfaatkan sumur dengan  pompa jetpump juga harus memperhatikan kondisinya. Pompa jetpump sekalipun membutuhkan perawatan agar bisa dimanfaatkan sampai jangka panjang, tidak mudah rusak.

Cara mudah merawat pompa air supaya awet, tahan lama, dan tetap bisa bekerja secara optimal ialah harus dimulai dari pemasangan. Bila pemasangan dilakukan dengan teknik yang benar sesuai dengan prosedur pemasangannya maka pompa dapat berjalan semestinya.

Cara mengawasi kondisi motor pompa jetpump masih bagus atau tidak ialah dimulai dari suaranya, apakah terdengar normal atau tidak, kedua dari debit air yang dihasilkan apakah mengalami pengurangan yang drastis atau tidak bila dibandingkan dengan saat pertama kali memakainya, juga perhatikan kondisi fisik pompa, apakah perlu dibersihkan atau tidak. Secara berkala, hal ini harus terus dicek, supaya bisa segera dilakukan penanganan jika ada sesuatu yang tidak beres.

baca juga

Berbagai Macam Alat Bor Sumur Dalam

Unit alat bor sumur ada berbagai macam, masing-masing dibedakan oleh jenis dan desain unit peralatan pengeboran yang beredar di pasaran. Dari berbagai varian tersebut, alat bor sumur bisa dikombinasikan satu sama lain untuk memenuhi kebutuhan pengeboran.

Kondisi lapangan sering tak terduga, jadi alat bor sumur pun disesuaikan dengan kondisi lapangan tempat sumur bor akan dibangun. Berikut alat bor sumur berdasarkan jenis dan desain unit yang beredar dan dibutuhkan oleh ahli bor sumur.

Kita mulai terlebih dahulu dari mesin, alat bor sumur yang pertama dan menjadi tenaga pendorong utama ini ada berbagai macam jenis. Berikut beberapa desain dan jenis yang dapat dirangkum di dalam artikel ini.

  • Mesin sumur bor berdasarkan daya yang digunakan

Antara lain ada: Mekanik, Listrik, Hidrolik, Pneumatik, dan Uap

  • Mesin sumur bor berdasarkan pipa yang digunakan

Antara lain ada: Kabel, Konvensional, dan “Coil tubing”

  • Mesin sumur bor berdasarkan tingginya

Antara lain ada: mesin Tunggal (single), Ganda (double), dan Triple

  • Mesin sumur bor berdasarkan metode rotasi atau metode pengeboran

Antara lain ada : Tabel Rotary (Rotary Table), Top Drive, Sonic, dan Hammer

  • Mesin sumur bor berdasarkan posisi derek (tiang penyangga)

Antara lain ada: Konvensional dan Miring

  • Mesin sumur bor jenis mata bor

Ada dua tipe dasar dari mesin sumur bor berdasarkan jenis mata bor yaitu mesin sumur bor yang menghasilkan serpihan batu dan mesin sumur bor yang menghasilkan sampel material lapisan tanah, antara lain ada: Mata Bor Auger dan Percussion rotary air blast drilling (RAB) / Bor Perkusi.

baca juga Kedalaman Sumur Bor Ideal, Sesuai Lokasi

Metode pengeboran sumur bor Dalam

Metode pengeboran sumur bor ada beebrapa macam, dalam artikel ini akan dijelaskan satu saja yaitu metode pengeboran Air core drilling (Pengeboran dgn tekanan udara). Metode pengeboran ini terkait dengan penggunaan baja yang sangat keras sebagai mata bor, disebut juga sebagai mata bor tungsten.

Mata bor ini sangat handal untuk menembus lapisan tanah. Cara kerjanya ialah batang bor berongga dan berisi lapisan dalam akan dihubungkan dengan laras batang bor pad abagian luar.

Bor ini akan melakukan tugasnya dengan tangguh, tanah batu, pasir, kerikil akan keluar ke permukaan dengan cepat ketika mata bor ini diturunkan. Steak bora tau material kasar seperti tanah, batu, pasir, kerikil tersebut dikeluarkan oleh injeksi udara yang terkompresi dengan lubang melalui daerah annular yang posisinya di antara lapisan dalam dan batang bor.

Material-material hasil pengeboran tersebut kemudian terdorong ke permukaan atas pada lapisan dalam dan melewati sistem pemisahan, sehingga terjadi penyeleksian secara otomatis. Dengan demikian, anda bisa membawa sampel material yang terpisah kepada klien anda sebagai bukti, bahwa proses pengeboran sudah berjalan.

Pengeboran dengan metode tekanan udara, kadang-kadang menghasilkan potongan kecil bebatuan. Sehingga, diharapkan pada tukang bor yang memanfatkan metode ini untuk berhati-hati.

Pada umumnya, metode pengeboran yang memanfaatkan tekanan udara ini digunakan untuk mengebor lapisan regolith, tapi tidak bisa menembus lapisan batuan. Pengeboran dengan tekanan udara dalam kondisi lancar tanpa ada gangguan yang berarti, dapat mencapai kedalaman mendekati 300 meter.

bac ajuga

Kedalaman yang sangat cukup untuk memperoleh air bersih di dataran rendah. hasil pengeboran juga lebih banyak disukai karena tidak rentan terkontaminasi oleh subjek-subjek berbahaya seperti zat mangan.

Masalahnya adalah metode ini dibanderol dengan harga yang cukup mahal. Sehingga biasanya dimanfaatkan hanya oleh pemborong yang membutuhkan pengeboran berkualitas untuk klien-klien penting seperti kontraktor perumahan, hotel, dan lain sebagainya.

Tidak semua orang menyadari sulitnya menggali lubang untuk mendapatkan sumber air tawar yang diinginkan oleh klien. Meskipun demikian, ahli sumur bor yang menjual jasa pembuatan sumur bor sudah pasti akan melayani anda dengan pengertian yang dalam.

baca juga Cara Membuat Sumur Bor

9 Comments

Your Thoughts

Sumur