Cara Membuat Sumur Bor Sendiri

4 Comments

sumurbor-murah.com – Walau ada jasa pembuatan sumur bor yang menawarkan harga murah, kadangkala ada juga orang-orang yang tidak ingin mengeluarkan biaya membuat sumur bor di rumahnya. Mereka malah memilih untuk membuat sumur bor sendiri dengan tenaganya sendiri.

Tentunya ini bukan pilihan yang buruk mengingat setiap pekerjaan yang dilakukan dengan sungguh-sungguh dan ketika sudah mengetahui cara membuat sumur bor sendiri, semua itu memungkinkan untuk dilakukan oleh tenaga sendiri.

Untuk membuat sumur bor sendiri yang paling penting ialah menyiapkan material pendukungnya, seperti mesin untuk mendorong pipa dan mata bor ke dalam tanah, lalu pipa panjang untuk sebagai pegangan mendorong mata bor ke dalam tanah sampai menembus sumber mata air yang dicari.

Tak hanya itu, alat-alat lain seperti kunci untuk mengepa alat-alat yang akan digunakan, dan lain sebagainya perlu dipersiapkan dengan baik. Peralatan yang baik untuk membuat sumur bor akan menunjang keberhasilan membuat sumur bor.

Bila tidak ada alangan yang berarti, pembuatan sumur bor bisa berjalan lancar meskipun dilakukan oleh anda sendiri di rumah. selain itu, untuk membuat sumur bor sendiri di rumah tetap dibutuhkan bantuan tenaga untuk membantu mengawasi kerja alat dan mesin. Sedikitnya dibutuhkan tiga orang untuk membuat sumur bor.

Ketiganya juga harus orang-orang yang sudah memiliki pengalaman untuk membantu membuat sumur bor. Tanpa pengalaman, akan berpeluang menimbulkan resiko kecelakaan saat bekerja, jadi pilihlah orang yang sudah memiliki kemampuan yang cukup untuk membantu membuat sumur di rumah anda.

Kelebihan dan kekurangan membuat sumur bor sendiri

Cara membuat sumur bor sendiri memang tidak sulit untuk dipelajari, ketika sudah ikut orang membuat sumur selama beberapa kali, seseorang bisa belajar secara otodidak untuk membuat sumur bor sendiri di rumah. ilmu pengetahuan seperti ini tentu saja akan memberikan keuntungan tersendiri bagi yang memilikinya, ia bisa menjadi seseorang yang membuka jasa membuat sumur bor di kemudian hari.

Karena bisa membuat sumur bor sendiri, ia pun menjadi tidak ragu untuk menyiapkan peralatan dan mulai membuat sumur sendiri tanpa memanggil tukang dari sebuah agen atau jasa pembuatan sumur bor yang sudah berpengalaman membuatkan sumur bor di berbagai tempat.

Tindakan ini tentu saja bisa menghemat biaya membeli jasa dari tukang bor, tapi ada banyak kelemahan juga yang bisa jadi akan ditanggung sendiri dan malah bisa menimbulkan pengeluaran biaya yang lebih besar.

Kelemahan pertama ialah anda harus mengeluarkan tenaga anda sendiri, bila menyewa jasa pembuat sumur bor, anda hanya menjadi pihak yang mengawasi dan kemudian menikmati hasi kerja jasa tukang sumur bor.

Kedua, biaya bisa membengkak. Nah ini adalah yang bisa menjadi momok dalam membuat sumur bor sendiri, anda harus membeli alat-alat sendiri, sampai semuanya terpenuhi.

Belum lagi dengan kemungkinan bahwa pekerjaan anda tidak mencapai hasil yang diharapkan, alat anda rusak di tengah jalan, dan anda harus memperbaikinya terlebih dahulu, biaya perbaikan ini akan memakan waktu dan biaya.

Waktu di mana seharusnya sumur sudah siap, ternyata harus anda habiskan untuk pergi ke bengkel dan memperbaiki mesin atau mata bor yang mengalami masalah di tengah jalan.

Ketiga, waktu yang anda habiskan bisa digunakan untuk mengerjakan hal lain. berbeda cerita kalau anda tidak memiliki kegiatan penting lainnya, mungkin kegiatan membuat sumur sendiri bisa menjadi salah satu hiburan dan

pengisi waktu luang, namun jika anda termasuk orang sibuk, anda hanya akan menghabiskan waktu anda seharian untuk membuat sumur. Padahal jika menyewa jasa pembuat sumur bor, anda bisa meminta orang lain untuk mengawasi dan anda bisa bekerja seperti biasanya.

Yah, itulah kurang lebih membuat sumur bor sendiri yang mungkin anda minati, sekali lagi agar anda berhasil membuat sumur bor sendiri, ketahui dahulu cara membuat sumur bor sendiri pada ahlinya.

baca juga Biaya Sumur Bor 30 Meter

Filter Air Sumur Bor Murah

Air sehat dibutuhkan oleh tubuh manusia untuk menjaga kondisi tubuhnya. Kesehatan sangat penting untuk menunjang kebutuhan sehari-hari, seperti bekerja, merawat anak, merawat binatang peliharaan, menempuh pendidikan dan lain sebagainya.

Ketika kondisi kesehatan kurang sehat, tubuh bisa lekas lelah dan mudah kehilangan konsentrasi. Bila hal itu terjadi, seseorang bisa kehilangan kesempatan untuk menyelesaikan pekerjaannya tepat waktu. Sebabnya, kehilangan konsentrasi dapat meningkatkan masalah dalam menyelesaikan pekerjaan, ia jadi sulit untuk memahami target-target yang harus dipenuhinya.

Dengan kondisi konsenstrasi yang sangat buruk, seseorang juga tidak dapat menyerap ilmu di sekolah atau di universitas ketika dia sedang menempuh pendidikan. Hasilnya, ia tidak memahami apa yang diterangkan oleh guru.

Masalah lain, jika tidak memiliki air untuk minum ialah seseorang akan mengalami dehidrasi, dan dehidrasi memiliki resiko jangka panjang yang tidak baik untuk kesehatan seluruh organ tubuh.

baca juga Kedalaman Sumur Bor Ideal, Sesuai Lokasi

Kurang mengonsumsi air putih atau air mineral yang bersih dapat menyebabkan darah dalam tubuh kita menjadi kekurangan oksigen. Bila darah dalam tubuh kekurangan oksigen, maka akan sulit untuk menyebar keseluruh bagian tubuh, ini bisa menyebabkan jantung tidak berfungsi dengan baik, sampai pada fungsi organ otak juga mengalami masalah karena seluruh bagian tubuh sebenarnya membutuhkan darah yang memiliki oksigen.

bac ajuga

Pentingnya filter air sumur

Menilik pada kebutuhan kesehatan di atas itulah maka dibutuhkan air bersih yang menunjang kesehatan. Dalam jangka panjang juga menunjang segala macam aktifitas yang harus diselesaikan oleh seseorang.

Guna menunjang kebersihan dan kesehatan air dari dalam sumur bor, dibutuhkan filter air yang dapat mmeberikan dan menyaring kandungan berbahaya yang terbawa di dalam air, seperti kandungan besi, mangan, garam, kerikil, debu, dan lain sebagainya.

Filter canggih yang didesain secara modern sudah memiliki kemampuan untuk mengendapkan zat-zat berbahaya seperti minyak atau kandungan mangan dalam air, dan juga partikel-partikel kapur yang betebaran di dalam air.

Filter air sumur yang modern juga sudah dibekali dengan sistem yang dapat mempertahankan bahkan juga memperkaya kandungan oksigen di dalam air. Seperti yang sudah dikatakan kandungan oksigen di dalam air sangat penting untuk menjaga kondisi darah di dalam tubuh kita.

bac ajuga

Di samping bisa mempertahankan kandungan oksigen, menyaring zat-zat berbahaya seperti kandungan mangan atau besi di dalam air, filter air sumur juga berfungsi untuk menghilangkan warna di dalam air yang bisa berarti berasal dari kandungan organis di dalam tanah.

Filter air yang sudah dilengkapi dengan teknologi canggih tersebut dapat menyingkirkan warna-warna yang ditimbulkan oleh plankton atau lumut tumbuh-tumbuhan, sehingga air yang diperoleh setelah mengalami proses filter air sumur bor menjadi benar-benar bersih.

baca juga Filter Air Sumur Bor Murah

4 Comments

Your Thoughts