Fakta dan Tips Memilih Jasa Sumur Bor Dalam

No Comments

Memilih Jasa Sumur Bor Dalam Air adalah salah satu sumber kehidupan dan menurut para peneliti, 97% air segar yang bisa digunakan tersimpan di dalam tanah.

Untuk mendapatkan air tanah tersebut tentunya sumur adalah sarana yang penting untuk dimiliki.

Sumur membantu memenuhi kebutuhan air untuk kebutuhan individu, perusahaan, komunitas, irigasi, industri dan sebagainya.

Sumur sendiri didefinisikan sebagai sebuah lubang yang dibuat sengaja pada permukaan tanah untuk mendapatkan air, gas maupun minyak dengan diameter kurang dari 3 meter.

Lantas, apa itu sumur bor dalam dan apa manfaatnya? Anda bisa cek penjelasan berikut ini!

Definisi sumur bor dalam

Sumur bor dalam atau deep well adalah sumur yang dibuat dengan metode bor atau drilling dengan kedalaman puluhan hingga ratusan meter ke dalam tanah.

Sumur bor dalam biasanya dibuat untuk mendapatkan sumber air bersih, minyak atau gas keperluan industri atau masyarakat.

Sumur bor dalam bisa menjangkau daerah yang lebih dalam dimana air bersih bisa didapatkan jika air tidak terdapat pada jarak yang dekat dengan permukaan tanah.

Pentingnya memiliki sumur bor dalam

Mendapatkan pasokan air bersih adalah hal yang penting untuk dipertimbangkan saat memilih hunian.

Meskipun demikian, masalah air bersih kini cukup genting terutama di kota besar karena banyaknya pencemaran.

Tidak mudah untuk mendapatkan pasokan air bersih di daerah perkotaan yang telah banyak tercemar.

Sumur dangkal yang ada tentu bisa ikut tercemar sumber airnya di daerah tersebut.

Karena alasan itulah sumur bor dalam bisa menjadi solusi untuk mendapatkan air bersih di area tanah yang lebih dalam yang belum tercemar.

Selain di daerah perkotaan, masalah air bersih juga sering dialami masyarakat pesisir dimana air tanahnya memiliki kadar garam yang tinggi.

Air dengan kadar garam tinggi tidak dapat dikonsumsi sehingga diperlukan air tanah yang berada di area yang lebih dalam atau pada lapisan akuifer.

Lapisan akuifer sendiri adalah lapisan tanah yang memiliki pori-pori sehingga air bisa masuk ke dalam rongga dan mengisi pori tersebut.

Air tanah dalam lapisan ini juga tidak terpengaruh lingkungan luar termasuk musim dan cuaca sehingga memiliki kualitas yang lebih baik, meskipun air tanah ini juga bisa memiliki kadar mineral tertentu seperti besi, magnesium, mangan dan lainnya.

Dengan sumur bor dalam, masyarakat pesisir tentu bisa mendapatkan pasokan air bersih yang segar dan bebas garam.

Memilih Jasa Sumur Bor Dalam

Kelebihan sumur bor dalam

Sumur bor dalam memiliki beberapa kelebihan dibanding sumur biasa atau sumber air lainnya seperti PDAM.

Beberapa kelebihan sumur bor dalam bisa menjadi pertimbangan saat Anda ingin membuat sebuah sumur untuk mendapatkan air.

Sumur bor dalam tidak membutuhkan banyak ruang sebagaimana sumur gali karena menggunakan alat dan pipa yang tak makan tempat.

Karena menggunakan alat maka sumur bor dalam juga bisa dibuat dengan lebih cepat dan efisien.

Tak perlu memakan banyak waktu dan tenaga untuk membuat sumur yang dapat menjangkau lapisan akuifer atau lapisan tanah yang mengandung air.

Untuk membuat sumur bor dalam juga tidak diperlukan banyak tenaga sehingga personil yang dibutuhkan untuk membuat sumur ini juga lebih sedikit dibandingkan dengan sumur galian.

Alat yang digunakan untuk membuat sumur bor juga dibekali dengan sensor yang dapat mengetahui lokasi kedalaman tanah dengan sumber air yang dituju.

Dengan kata lain membuat sumur bor bisa dilakukan dengan lebih mudah dan cepat tanpa membuang banyak waktu.

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa sumur bor dalam juga dapat menjangkau sumber air di lapisan tanah yang dalam sehingga bebas pencemaran.

Saat ini banyak orang yang enggan mengkonsumsi air tanah karena tercemar.

Air tanah yang dihasilkan oleh sumur bor dalam tidak dipengaruhi oleh lingkungan luar sehingga Anda tidak perlu khawatir air tanah yang didapat tercemar.

Sumur bor dalam juga lebih aman digunakan di pemukiman karena sumur bor dalam lebih tertutup dan tidak dibiarkan terbuka seperti sumur gali, sehingga akan lebih aman untuk anak-anak dan tidak mudah terkontaminasi benda lain.

Dengan memiliki sumur sendiri, Anda juga tidak perlu mengkhawatirkan tagihan air bulanan karena Anda memiliki sumber air sendiri.

Jika PDAM atau pemasok air minum daerah tersebut tidak lancar dan hanya menyala di waktu-waktu tertentu, sumur bor bisa digunakan untuk mengalirkan air kapan saja.

Kekurangan sumur bor dalam

Meskipun sumur bor dalam memiliki banyak kelebihan ada beberapa kekurangan yang juga dimiliki oleh jenis sumur ini.

Karena menggunakan alat dan jasa sumur bor dalam tentu biaya yang dibutuhkan tidak sedikit.

Jika Anda berniat untuk membuat sumur bor dan menggunakan jasa sumur bor dalam Anda tentu harus mempertimbangkan dana yang anda miliki.

Selain menggunakan jasa sumur bor dalam yang tidak murah, sumur bor dalam yang sudah jadi juga membutuhkan pompa air yang harganya juga cukup mahal.

Oleh sebab itu, sebelum membuat sumur bor dan menggunakan jasa sumur bor dalam Anda harus mempertimbangkan banyak hal terutama mempersiapkan dana yang diperlukan.

Selain mempertimbangkan dana, Anda juga perlu mempertimbangkan listrik yang digunakan.

Sumur bor biasanya menggunakan pompa yang dialiri listrik sehingga jika listrik padam maka Anda tidak dapat mengalirkan air dan memenuhi kebutuhan Anda.

Itulah beberapa kekurangan sumur bor dalam yang perlu Anda perhatikan sebelum membuat sumur ini dan menggunakan jasa sumur bor dalam yang tersedia di daerah Anda.

baca juga

Tips membuat sumur bor dalam

Jika Anda tinggal di daerah pemukiman yang memiliki kualitas air tanah yang tidak cukup baik tentunya Anda akan merasa ragu untuk membuat sumur dangkal atau sumur gali.

Sumur yang dangkal tentunya akan mengalirkan air yang mengandung zat polutan dari lingkungan sekitar, atau jika Anda tinggal di daerah pesisir maka airnya akan mengandung kadar garam yang tinggi.

Untuk itulah Anda perlu mempertimbangkan membuat sumur bor dalam yang dapat mencari sumber air hingga lapisan akuifer.

Membuat sumur bor dalam memang tidak bisa dilakukan oleh banyak orang karena memerlukan alat dan keahlian khusus.

Anda bisa meminta bantuan jasa sumur bor dalam yang dapat melakukan penggalian dan mencari sumber air pada kedalaman tertentu.

Sebelum memilih jasa penggalian sumur bor dalam yang akan digunakan, Anda bisa mengecek jasa tersebut berdasarkan reputasinya.

Ketahui juga paket dan harga yang mereka tawarkan apakah sebanding dengan jasa yang ditawarkan.

Perhatikan keperluan pembuatan sumur bor dalam Anda dan diskusikan dengan baik tentang lokasi dan hal lain yang perlu dipertimbangkan.

baca juga

baca juga

https://sumurbor-murah.com/
https://sumurbor-murah.com/jasa-air-compressor/
https://sumurbor-murah.com/teknologi-water-jetting/
https://sumurbor-murah.com/memenuhi-kebutuhan-sumur-dalam-dengan-jasa-bore-hole-camera/
https://sumurbor-murah.com/jasa-perpanjang-perizinan-pengeboran-sipa-iupat/
https://sumurbor-murah.com/jasa-pengeboran-sumur-bor-dalam-water-deep-well/
https://sumurbor-murah.com/jasa-sumur-bor-murah-bekasi/
https://sumurbor-murah.com/jasa-sumur-bor-murah-karawang/

Ketahui berapa lama mereka bisa mengerjakan proyek pembuatan sumur dalam dan bagaimana nantinya Anda bisa menggunakannya sebagai sumber air.

Jangan sampai Anda salah memilih jasa  sumur bor dalam dan tidak mendapatkan sumber air yang Anda inginkan.

Anda juga bisa melihat review di internet tentang jasa pembuatan sumur bor dalam yang akan anda gunakan.

Your Thoughts