Filter Air Sumur Bor Murah

No Comments

sumurbor-murah.com – Air sehat dibutuhkan oleh tubuh manusia untuk menjaga kondisi tubuhnya. Kesehatan sangat penting untuk menunjang kebutuhan sehari-hari, seperti bekerja, merawat anak, merawat binatang peliharaan, menempuh pendidikan dan lain sebagainya.

Ketika kondisi kesehatan kurang sehat, tubuh bisa lekas lelah dan mudah kehilangan konsentrasi. Bila hal itu terjadi, seseorang bisa kehilangan kesempatan untuk menyelesaikan pekerjaannya tepat waktu. Sebabnya, kehilangan konsentrasi dapat meningkatkan masalah dalam menyelesaikan pekerjaan, ia jadi sulit untuk memahami target-target yang harus dipenuhinya.

Dengan kondisi konsenstrasi yang sangat buruk, seseorang juga tidak dapat menyerap ilmu di sekolah atau di universitas ketika dia sedang menempuh pendidikan. Hasilnya, ia tidak memahami apa yang diterangkan oleh guru.

Masalah lain, jika tidak memiliki air untuk minum ialah seseorang akan mengalami dehidrasi, dan dehidrasi memiliki resiko jangka panjang yang tidak baik untuk kesehatan seluruh organ tubuh.

Kurang mengonsumsi air putih atau air mineral yang bersih dapat menyebabkan darah dalam tubuh kita menjadi kekurangan oksigen. Bila darah dalam tubuh kekurangan oksigen, maka akan sulit untuk menyebar keseluruh bagian tubuh, ini bisa menyebabkan jantung tidak berfungsi dengan baik, sampai pada fungsi organ otak juga mengalami masalah karena seluruh bagian tubuh sebenarnya membutuhkan darah yang memiliki oksigen.

Pentingnya filter air sumur

Menilik pada kebutuhan kesehatan di atas itulah maka dibutuhkan air bersih yang menunjang kesehatan. Dalam jangka panjang juga menunjang segala macam aktifitas yang harus diselesaikan oleh seseorang.

Guna menunjang kebersihan dan kesehatan air dari dalam sumur bor, dibutuhkan filter air yang dapat mmeberikan dan menyaring kandungan berbahaya yang terbawa di dalam air, seperti kandungan besi, mangan, garam, kerikil, debu, dan lain sebagainya.

Filter canggih yang didesain secara modern sudah memiliki kemampuan untuk mengendapkan zat-zat berbahaya seperti minyak atau kandungan mangan dalam air, dan juga partikel-partikel kapur yang betebaran di dalam air.

Filter air sumur yang modern juga sudah dibekali dengan sistem yang dapat mempertahankan bahkan juga memperkaya kandungan oksigen di dalam air. Seperti yang sudah dikatakan kandungan oksigen di dalam air sangat penting untuk menjaga kondisi darah di dalam tubuh kita.

Di samping bisa mempertahankan kandungan oksigen, menyaring zat-zat berbahaya seperti kandungan mangan atau besi di dalam air, filter air sumur juga berfungsi untuk menghilangkan warna di dalam air yang bisa berarti berasal dari kandungan organis di dalam tanah.

Filter air yang sudah dilengkapi dengan teknologi canggih tersebut dapat menyingkirkan warna-warna yang ditimbulkan oleh plankton atau lumut tumbuh-tumbuhan, sehingga air yang diperoleh setelah mengalami proses filter air sumur bor menjadi benar-benar bersih.

Harga filter air

Mencari filter air bisa dilakukan via online, kunjungi beberapa toko online yang ada di Indonesia, seperti bukapalak.com, tokopedia.com, atau yang lainnya untuk menemukan satu alat filter air yang paling cocok untuk sumur bor anda.

Sebagai contoh, filter air sumur bor murah bermerek Nazava Silika FRP 8 sebesar Rp 1.700.000  di navaza.com. filter air yang cocok untuk mengatasi permasalahan air keruh ini, dilengkapi dengan teknolog 3 way valve yang memudahkan sistem untuk membersihkan air.

Filter air tersebut terbuar dari fiber yang aman, ringan, dan tahan lama. Kecepatan penyaringan per jam sebanyak 500 liter air.

Sebagia tambahan informasi, Filter Air Nazava Silika 8 Inch berbahan fiber ini merupakan filter air yang diesain secara sengaja untuk menjernihkan air sumur yang keruh dan mengatasi permasalahan-permasalahan geologis lainnya yang sering mengakibatkan air sumur keruh.

Faktor penyebab air sumur jadi keruh

Ada beberapa faktor penyebab air sumur jadi keruh selain karena adanya lumut yang tumbuh di dalam sumur ialah karena terjadi hujan terus menerus, sehingga air permukaan yang keruh merembes ke dalam tanah.

Selain itu, terjadinya pengeboran sumur yang tidak sesuai standar atau bisa jadi karena efek dari kebocoran pipa, bila sudah sampai sejauh itu, sebaiknya anda segera memanggil tukang memperbaiki pipa sumur bor.

baca juga Cara Membuat Sumur Bor

Filter Air Sumur Bor, Hilangkan Minyak

Filter air sumur bor sangat bermanfaat untuk menghilangkan bau, keruh, warna kuning, karat, kandungan minyak pada air, dan kandungan zat besi atau mangan yang terbawa oleh air dari dalam tanah.

Seperti yang sudah anda duga, setiap air yang terpompa ke atas oleh mesin pompa belum tentu semuanya bersih, masih ada beberapa kandungan atau zat yang bisa menimbulkan masalah kesehatan nantinya, sehingga diperlukan pembersihan atau penyaringan terlebih dahulu.

Pemnyaringan ini bisa dilakukan oleh filter air sumur bor. Apakah anda bingung bagaimana bisa filter air membersihkan air dari kandungan zat berbahaya yang ada terkandung di dalamnya? Simak thread berikut ini:

  1. Aerasi

Filter air memiliki fungsi sebagai aerasi, yakni proses oksidasi yang dilakukan oleh udara biasa dengan cara memasukkan udara di dalam air agar kadar besi yang terbawa mengendap ke bawah, sehingga kotoran atau zat besi tersebut bisa menempel di bak penampungan atau toren air. agar proses ini selalu berjalan lancar, anda harus sering-sering menguras toren dan membersihkannya agar kotoran endapan tidak ikut masuk ke pipa instalasi.

  1. Filter air melakukan prose Sedimentasi

Kegunaan sedimentai ialah untuk ereduksi bahan-bahan atau zat berbahaya yang terlarut di dalam air. sedimentasi juga berfungsi untuk mereduksi kandungan organisme di dalam air.

Belum tahu apa itu sedimentasi? Sedimentasi ialah proses pengendapan partikel padat yang terkandung di dalam air karena pengaruh gaya gravitasi.

baca juga Kedalaman Sumur Bor Ideal, Sesuai Lokasi

Dengan kata lain, proses sedimentasi juga terpengaruh oleh gaya gravitasi. Pengelolaan air dengan proses sedimentasi menelan biaya yang murah, karena tidak membutuhkan peralatan mekanik atau pun tamabah alat kimia.

  1. Menggunakan bahan kimia

Ada banyak cara untuk membebaskan air dari zat minyak yang berbahaya untuk tubuh selain dengan cara memasang filter air sumur bor. Caranya ialah dengan meggunakan bahan kimia seperti Polimer Aluminium Clorid , kaporit ,tawas dan lain sebagainya, dengan metode dan takaran tertentu, bahan-bahan tersebut dapat membantu anda mendapatkan air yang sehat sepanjang waktu.

 

Akan tetapi di bandingkan nomor satu dan dua, nomor tiga sering disebut sebagai cara yang kurang aman untuk dimanfaatkan sebagai langkah menghindarkan air dari zat berbahaya atau kandungan minyak dalam air, sebab bahan kimia itu sendiri juga memiliki efek yang kurang bagus untuk tubuh. Bagaimanapun air pasti akan dikonsumsi, jadi lebih baik menghindarkan diri dari cara-cara yang kurang tepat.

Alternative filter air sumur bor

Bila permasalahan air berwana dan berminyaknya terlalu pekat, kami sarankan untuk membuat saringan sumur bor sendiri dengan bahan-bahan berupa pasir, kerikil, ijuk, batu, dan lain-lain. saringan sumur bor tradisional ini masih sangat efektif untuk memebaskan anda dari zat-zat berbahaya.

Saringan sederhana sumur bor ini bisa menjadi alternative pengganti filter modern yang pada umumnya tidak bisa melakukan pekerjaan yang terlalu berat.

Ada bebrapa orang yang dengan bijak menggunakan keduanya sebagai usaha untuk memastikan keamanan air yang dikonsumsinya. Sehingga selain memasang saringan air sumur bor tradisional tersebut, mereka juga menginstal filter air modern untuk meningkatkan kejernihan air dari sumber mata air milik mereka.

baca juga Cara Membuat Saringan Air Sumur Bor Sederhana

Cara membuat saringan sumur bor dengan ijuk, pasir, dan kerikil ini cukup sederhana, yang terpenting ialah siapkan terlebih dahulu bahan-bahan yang diperlukan seperti pasir, batu kerikil yang sama ukurannya, ijuk, kain, lem, pipa, ember cat yang sudah dilubangi bagian bawahnya, dan penutup.

Posisikan batu kerikil paling bawah. Di antara pasir dan ijuk pasang kain tipis yang akan berfungsi untuk mencegah pasir masuk ke dalam ijuk. Jika sudah selesai menyusun bahan-bahan tersebut, pasang batu pemecah semburan air di tengah-tengah, tujuannya supaya semburan air atas tidak menyebabkan lubang di bagian tengah-tengah pasir.

 

Your Thoughts