Fungsi dan Manfaat Sumur Bor untuk Kehidupan Sehari-hari

2 Comments

sumurbor-murah.com – Tahukah Anda kenapa hampir semua orang saat ini membutuhkan sumur bor dan kenapa harus sumur bor bukan yang lain?

Mungkin Anda bertanya-tanya apakah ada sumber air yang lain yang dapat dimanfaatkan oleh manusia untuk memenuhi kebutuhan sehari-harinya. Memang ada sumber air yang lain seperti sumur pompa manual, danau, sungai, atau pun mata air, tapi untuk urusan kualitas air, tidak semua sumber air tersebut mengandung sumber air yang memenuhi syarat untuk mendukung kebutuhan.

Misalnya saja air dari danau, air dari danau mungkin terlihat jernih, tapi lihat saja keadaannya, jelas-jelas mengdung banyak sekali kotoran yang terapung. Jenis air seperti itu jelas tidak dapat dimanfaatkan untuk dikonsumsi. Air jernih seperti ini lebih cocok dimanfaatkan untuk mengairi sawah sebagai sumber irigasi.

Lalu, kalau air yang Anda ambil dari sungai jelas tidak mungkin untuk dikonsumsi. Air ini cocoknya juga hanya untuk irigasi, mengairi sawah dan ladang. Sedangkan jika ingin mengambil dari mata air, jaman sekarang sudah sulit untuk mengambil air dari mata air. 

mungkin masih bisa menjumpai sumur pompa, yang kualitasnya sebetulnya sama baiknya dengan sumur bor, karena sama-sama berasal dari sumber air bawah tanah , tetapi sumur pompa jumlahnya juga semakin sedikti di sekitar kita. Belum lagi dengan usaha yang harus kita tempuh untuk mendapatkan air dari sumur pompa tidaklah entang.

Kita harus memompa terlebih dahulu dengan cara menekan tuas selama beberapa kali untuk mengalirkan air jernih ke ember-ember, atau wadah yang sudah kita sediakan. Di awal tahun 80-an sampai 2000-an alat sumur pompa sangat populer, hampir di semua rumah tangga terdapat sumur pompa. Namun sejak sumur jet pomp dan sumur mesin dengan mengandalkan energi listrik terproduksi, kepopuleran sumur pompa manual tersebut bergeser.

Kemudahan menggunakan sumur bor

Menggunakan sumur bor dengan mesin jauh lebih mudah, hemat tenaga. Kita hanya harus berkorban sedikit untuk menambahkan beban daya listrik agar bisa mendapatkan air dari bawah tanah. Biaya tidak mahal, jadi ini merupakan alat yang paling banyak dipilih oleh orang jaman sekarang.

Fungsi sumur bor yang memudahkan orang-orang untuk mendapatkan air bersih inilah yang membuat orang-orang memilih untuk menggunakan air sumur bor daripada yang lainnya. Mereka yang sudah memiliki sumur bor merasakan beragam manfaat dari menggunakannya.

Manfaat-manfaat yang mereka peroleh antara lain mendapatkan sumber air bersih yang dekat dan mudah. Air yang didapatkan selalu terjamin kondisinya dalam keadaan bersih.

Biaya yang dikeluarkan perbulan untuk membayar daya listriknya juga murah. Karena tidak memerlukan sentuhan manual maka kita bisa santai saat kita membutuhkan air tinggal menekan tombol on off dan mesin pun akan bekerja untuk menghisap air.

Yang harus kita siapkan ialah hanyalah menyiapkan tempat untuk menampung air yang mengalir agar kita tidak terlalu sering menyalakan saklar. Selain untuk dikonsumsi, air dari sumur bor bisa kita manfaatkan untuk membersihkan bahan makanan, mencuci baju, dan untuk keperluan lainnya.

baca juga Bisnis Jasa Sumur Bor Jakarta

Harga Borongan Sumur Bor

Memiliki sumur bor untuk masyarakat modern saat ini merupakan sebuah kepentingan yang tak dapat ditunda. Tanpa sumur bor mereka yang tinggal di kota besar akan kesulitan mendapatkan air bersih guna memenuhi kebutuhan sehari-harinya.

Untuk memiliki sumur bor dibutuhkan ketepatan dalam memilih tempat yang tepat guna membangun sumur bor yang sesuai dengan harapan. Dalam hal ini, tidak semua orang bisa melakukannya sendiri, sehingga di sinilah peran bisnis sumur bor memiliki tempat.

Ada dua tipe bisnis sumur bor dijalankan, pertama personal dan dua borongan. Tipe personal adalah bisnis yang melayani pembuatan sumur bor untuk kebutuhan rumah tangga, satu sumur untuk satu rumah, sedangkan tipe borongan biasanya berlaku pada industri yang membutuhkan sumur bor untuk memenuhi kebutuhan industri.

Tipe kedua biasanya lebih kompleks, dalam hal jumlah tenaga yang harus diluncurkan untuk membuatkan sumur bor dan sistemnya yang juga kompleks dari titik pengeboran sampai distribusi air di area industri, maka dibutuhkan beberapa teknisi yang handal di bidangnya masing-masing. karena tipe borongan memiliki resiko yang lebih besar dairpada tipe personal, maka sudah pasti harga borongan sumur bor lebih besar bila dibandingkan dengan harga sumur bor personal.

baca juga Jasa Sumur Bor Bekasi Timur Kompetitif

Walaupun demikian, berapapun harganya, kebutuhan air bersih untuk kepentingan industri sangat penting, sudah seperti bagian dari roda produksi, sehingga keberadaannya sangat diperlukan, maka berapapun biaya yang harus dikeluarkan pada dasarnya tidak akan jadi masalah bagi industri selama mereka mendapatkan sumur yang tepat untuk mendukung proses industri.

Biaya borongan sumur bor

Biasanya harga borongan sumur bor tahun 2018 mulai dari Rp10.000.000 sampai Rp30.500.000, per kedalaman 100 meter. Biasanya ada klien dari suatu pabrik, perkantoran, atau bisnis hotel yang memesan sumur dengan kedalama melebihi 100 meter atau sangat dalam dan dengan sistem air yang juga sangat kompleks. Jika mendapatkan pelanggan yang seperti itu, harga borongan sumur bor bisa mencapai biaya sekitar Rp200.000.000.

Harga borongan sumur bor selalu tidak dapat dipatok begitu saja, mengingat kedalaman tanah untuk menjangkau sumber air kadang tidak terrediksi. Harga-harga bisa dipengaruhi pula oleh faktor lain seperti fasilitas yang diinginkan oleh klien, seperti yang sudah sedikit disinggung, jika klien menginginkan pemasangan sistem air sekalian dan itu kompleks maka sudah pasti kalau harganya juga akan dibanderol sedikit berbeda dengan klien yang memesan untuk keperluan biasa, tidak kompleks.

baca juga 7 Visi Misi Jasa Sumur Bor Bekasi

Kompleksitas pemesanan ini sangat berpengaruh pula dengan jumlah tenaga kerja yang akan di kerahkan oleh tim untuk mengerjakan pekerjaan sesuai dengan pesanan. Semakin kompleks sebuah pesanan akan semakin kompleks pula peralatan yang digunakan oleh tim untuk mengerjakan proyek sumur bor yang sesuai dengan ekspektasi pemakainya.

baca juga 7 Manajemen Internal Jasa Sumur Bor Karawang

Di balik prinsip itu, semestinya juga ada prinsip mendasar lainnya yakni membuat sumur bor sampai bisa memberikan air bersih yang berkualitas untuk klien adalah prinsip yang harus diutamakan. Dengan adanya prinsip ini, tukang sumur bor dan bisnis sumur bor memberikan kontribusi kehidupan yang lebih baik untuk masyarakat.

2 Comments

Your Thoughts