Jasa Jetting Compressor

sumurbor-murah.comJasa Jetting Compressor dalam Siklus Industri , Kompresor udara merupakan perkakas sehari-hari yang digunakan untuk memompakan udara kepada perangkat tertentu agar dapat berfungsi dengan baik.

Sumur

Jasa Jetting Compressor Dalam berbagai kesempatan, kompresor udara digunakan oleh perorangan untuk menambah tekanan angin pada beberapa benda seperti ban kendaraan hingga pendingin udara.

Air Compressor bekerja dalam prinsip untuk memadatkan (compress) udara hingga memiliki tekanan di atas 246 Psi dan memiliki energi potensial.

Meskipun memiliki energi potensial yang cukup besar, tenaga udara dari air compressor ditenggarai tidak berpotensi membahayakan.

Karena sifatnya yang stabil dan tidak banyak terpengaruh oleh lingkungan, air compressor banyak digunakan untuk keperluan industri. Seperti untuk menggerakan piston pada mesin atau bor karang.

Beberapa industri yang menggunakan perangkat air compressor untuk mendukung kinerjanya antara lain adalah industri perkebunan baik hijau maupun sawit, pembuatan kertas hingga pengolahan kayu.

air compressor

Jasa Jetting Compressor : Komponen dan Variasi Tipe sistem Kompresi Udara industri

Sebagai salah satu perangkat penting dalam dunia industri modern, perangkat air compressor dibangun dengan tingkat kompleksitas sedemikian rupa untuk mendukung kinerja operasional.

Berbeda dengan perangkat air compressor untuk keperluan rumah tangga, air compressor untuk industri memiliki sistem yang lebih rumit.

Ada dua bagian penting dari perangkat air compressor yang diperuntukkan untuk industri yaitu bagian sub-sistem dan sub-komponen.

Jasa Jetting Compressor Sub-sistem dalam sistem kompresi udara industri meliputi teknologi mesin kompresor, perangkat pengendali,prime mover , aksesoris mesin, sistem distribusi, dan sistem perbaikan.

Sumur

Adapun setiap sub-sistem dari sistem kompresi udara di atas memiliki fungsinya masing-masing , seperti sub-komponen yang bertugas untuk mengeliminasi setiap kemungkinan kontaminasi terhadap sistem utama.

Sub-sistem dari perangkat kompresi ini didukung oleh beberapa sub-komponen antara lain komponen pendingin, komponen penghasil tekanan udara, hingga komponen penyaring udara.

Semua kesatuan dari sub-sistem dan sub-komponen ini diperuntukkan untuk mendukung operasional kinerja industri.

Sistem kompresi udara industri sendiri tidak bersifat tunggal, ada dua jenis besar dari sistem kompresi udara yang lazim digunakan dalam keperluan industri yaitu Positive-Displacement dan Dynamic-Displacement.

Jasa Jetting Compressor Kedua tipe air compressor yang lazim dikenal ini memiliki perbedaan prinsipil dari sistem katup udara.

Positive-Displacement cenderung memampatkan udara yang digunakan dalam keadaan konstan dan berkurang secara bertahap ketika diinjeksikan kepada benda tertentu.

Sementara Dynamic-Displacement memampatkan udara dengan kecepatan yang tidak terbatas untuk menggerakan rotor yang akan mengalirkan udara bertekanan tinggi tersebut kepada benda tertentu.

Jasa Jetting Compressor Positive-Displacement

Tipe Positive-Displacement sendiri memiliki dua sub-tipe yang berbeda yaitu reciprocrating dan rotation compressor.

Jasa Jetting Compressor Reciprocrating Compressor

Reciprocating compressor bekerja mengikuti prinsip pada mesin kendaraan bermotor yang mengalirkan udara dari satu arah saja.

Pada mesin jenis ini, piston yang bertanggung jawab terhadap pemampatan udara dibantu oleh lubrikan yang bertujuan untuk menghindarkan gesekan pada piston penggerak.

Untuk mesin yang tidak menggunakan lubrikan, kinerja piston dibantu oleh alat penahan panas.

Reciprocrating compressor sendiri memiliki dua varian berbeda masing-masing single-acting dan double-acting

baca juga

Tipe single-acting merupakan jenis air compressor yang digerakkan oleh karet penggerak (belt drive) dengan tenaga dari mesin rotor.

Kelebihan dari mesin jenis ini adalah biaya perawatan dan resiko error yang amat minim.

Jasa Jetting Compressor Jenis mesin ini dapat menghasilkan tekanan udara yang bervariasi mulai dari 125 hingga 175 psi.

Sedangkan untuk jenis Double-Acting Reciprocrating menggunakan kedua buah sisi dari piston untuk mengompresi udara hingga mencapai tekanan 50 psi.

Mesin jenis ini juga diperlengkapi dengan kantung pendingin yang terdapat di sekitar kepala piston yang mendorong efisiensi kinerja mesin yang tinggi.

air compressor

Jasa Jetting Compressor Rotary Compressor

Rotary Compressor memiiki dua varian yang berbeda yaitu Lubricant-Injected dan Lubricant-Free.

Lubricant-Injected Rotary Compressor digerakkan oleh dua mesin rotor yang memiliki kemiripan bentuk dengan sakelar dan rumah colokan listrik.

Mesin ini mengompresi udara dengan cara memampatkan udara yang masuk ke dalam rotor yang sedang berotasi hingga mengalami kenaikan tekanan.

Untuk menghindari gesekan dan mengurangi panas, mesin jenis ini mengandalkan pelumas yang biasa diterapkan di ruang kompresi.

Sementara untuk tipe Lubricant-Free Rotary Compression, dua mesin rotor yang mengompresi udara tidak bersentuhan.

Karena rotor mesin didesain untuk tidak boleh bersentuhan, tekanan udara yang dihasilkan pun terbatas hingga 50 psi untuk jenis single-stage dan 150 psi untuk jenis multi-stage.

Jasa Jetting Compressor Meski diberi nama lubricant-free, kenyataannya mesin ini bukannya sama sekali tidak mengandung pelumas di bagian mesinnya.

Mekanisme pelumas dari mesin tipe ini dihasilkan dari gearbox yang terletak dekat dengan mesin penggerak.

Adapun untuk sistem pendingin, mesin ini menggunakan pendingin dari radiator hingga kipas heat exchanger yang menukar udara panas dari dalam dengan udara dari luar.

baca juga

Jasa Jetting Compressor Dynamic Displacement

Mesin kompresor dengan tipe Dynamic Displacement memiliki dua varian berbeda masing-masing yaitu tipe sentrifugal dan tipe axial.

Tipe sentrifugal bekerja mengompresi udara dengan bantuan energi kinetik.

Energi kinetik ini berasal dari rotor yang berputar terus tanpa henti dengan kisaran kecepatan 50.000 putaran per menit.

Udara yang dimampatkan dengan rotor akan berjalan seiring dengan semakin kencang perputaran rotor yang mendorong udara untuk dikompresi dengan cepat.

Selain dari rotor yang tidak berhenti bergerak, tambahan energi kinetik lainnya dihasilkan dari konversi energi velositas akibat perubahan kecepatan udara.

Umumnya mesin sentrifugal dapat menghasilkan kompresi udara dengan tekanan berkisar mulai dari 100 hingga 150 psi.

Jasa Jetting Compressor Sedangkan Tipe Axial beroperasi dengan rotor yang didukung oleh kipas multi-blade dan stator yang akan menyuplai udara yang akan dikompresi.

baca juga

Jasa Jetting Compressor Penggunaan Air Compressor dalam Operasional Industri

Penggunaan air compressor dalam operasional industri biasanya digunakan untuk kegiatan tertentu yang berkisar mulai dari proses oksidasi hingga pendinginan.

Karena memiliki fungsi yang khusus, umumnya air compressor ini hanya digunakan di beberapa industri tertentu, misalnya industri kimia.

Berikut merupakan daftar lengkap dari industri yang menggunakan air compressor secara rutin dan beserta operasional yang didukung.

Industri Pakaian Sebagai Sumber Tenaga Mesin Produksi dan Konveyor, Peralatan Otomatisasi
Industri Otomotif Sumber Tenaga Mesin  Konveyor, Pengendali mesin (aktuator), Pembentukan Mesin
Kimia Sebagai Kontrol Mesin Injeksi
Furnitur Untuk Pengecatan dan Mesin Pengetatan
Perkayuan Proses Penggergajian
Perminyakan Kompresi Gas
Logam mulia Proses Pelumatan (Melting)
Karet dan Plastik Proses Injeksi
Rekreasi Rem untuk beberapa perangkat rekreasi taman hiburan
Energi Terbarukan Komponen Penggerak Tenaga Turbin
Industri Kesehatan Penggerak Sistem Respirator
Pengolahan  air limbah Vacuum Filters

Jasa Jetting Compressor Skenario Perhitungan Biaya yang Dikeluarkan untuk Penggunaan Air Compressor Industri

Di balik manfaat air compressor dalam mendukung kinerja industri, ada beberapa hal yang patut untuk diperhatikan secara seksama oleh pelaku industri.

Beberapa hal yang menjadi pertimbangan menggunakan air compressor antara lain komponennya yang memakan banyak energi dan membutuhkan perawatan secara berkala.

Jasa Jetting Compressor Departemen Energi Amerika Serikat mengeluarkan hasil simulasi biaya dari teknologi air compressor dengan kapasitas 100 horsepower  dapat memakan biaya hingga US$ 30.000 atau sekitar 178 juta Rupiah untuk perawatan awal.

Di luar biaya perawatan tersebut biaya yang dikeluarkan untuk sewa listrik mencapai angka US$ 50.000 setiap tahunnya.

Dalam kesempatan yang sama, Departemen Energi Amerika Serikat juga mengeluarkan skenario perhitungan biaya yang dikeluarkan untuk mengelola Air Compressor.

Dalam skenario perhitungan biaya yang dibentuk, ada dua skema yang digunakan masing-masing yaitu skema perhitungan sederhana dan skema part-load.

Ketiga skema itu dihitung dengan menggunakan beberapa komponen perhitungan seperti tingkat efisiensi mesin, waktu operasional tahunan, serta biaya listrik per kilowatt hour untuk wilayah Amerika Serikat.

Pada perhitungan skema pertama dengan tenaga mesin sebesar 100 hp, biaya yang harus dikeluarkan mencapai US$36.000 dengan harga Amerika Serikat atau 723 juta Rupiah dengan tarif listrik industri Indonesia.

Formula perhitungannya dijabarkan sebagai berikut

100 x 0.746 hp/kw x 8760 jam setahun x Rp 997 x 1,1

Sementara untuk skema part-load, perhitungannya menjadi

100 x 0,746 hp/kw x 8760 jam setahun x Rp 997 x 1,1 x 0,755 dengan total biaya mencapai sekitar 546 juta Rupiah setahun.

Variabel 0,755 diperoleh dengan asumsi mesin hanya beroperasi dengan 65% tenaganya.

Menjadi hal yang krusial bagi pelaku industri untuk tetap menjaga efisiensi dari kinerja mesin air compressor karena dapat berpengaruh terhadap biaya yang dikeluarkan.

Jasa Jetting Compresor

Jasa Jetting Compresor , Sumur yang digunakan secara terus menerus dan dalam jangka waktu yang lama biasanya akan mengalami keruh dan bau.

Selain itu sumur akan terjadi penumpukan lumpur dan pasir tanah yang mempengaruhi cepat atau lambatnya kinerja pompa air sumur bor.

Hal ini disebabkan karena setiap sumur mempunyai daya tahan yang berbeda-beda, namun pada umumnya setiap sumur bor yang digunakan dalam jangka waktu yang lama akan mengalami hal-hal seperti diatas tadi.

Lama atau tidaknya air sumur bertahan juga biasanya dipengaruhi oleh faktor geologi yang berada di tempat tersebut.

Untuk sumur galian sendiri yang mengalami masalh-masalah  seperti di atas biasanya bisa atasi dengan  menguras air secara manual dan cara ini cukup melelahkan, namun cara ini mustahil di lakukan pada sumur bor dan sumur bor karena mengingat kedalaman sumur yang cukup dalam di bawah permukaan tanah dan diameter sumur yang sangat kecil.

Untuk mengatasi bau dan keruh serta kualitas air bersih yang terdapat dalam sumur bor, maka diperlukan pemeliharaan dan juga pembersihan secara berkala, salah satu cara yang di lakukan adalah dengan Jetting Compressor.

Jasa Jetting Compressor Jetting Compresor adalah teknik yang di lakukan membersihkan lubang sumur bor ataupun sumur bor dalam, pembersihan lubang sumur dengan cara ini biasanya di lakukan dengan menguras air sumur tersebut.

Adapun alasan harus melakukan jetting Compresor adalah untuk meperbaharui air sumur tersebut dan juga antisipasi jika air itu tercampur dengan bangkai hewan di bawah tanah.

Selain itu dengan menggunakan Jetting compresor juga akan mengurangi air keruh yang berada di dalam sumur serta penyumbatan pada pompa yang mengakibatkan hasil pompaan air yang semakin lama semakin mengecil.

Penyumbatan yang terdapat pada pipa sumur bor  disebabkan karena terjadinya penumpukan pasir sumur dan juga lumpur.

Jasa Jetting Compresor
Jasa Jetting Compresor

Jasa Jetting Compressor Selain itu daya hisap pipa dan daya keluar yang berbeda juga bisa penyumbatan dan masalah-masalh lain yang terdapat pada sumur bor.

Dengan melakukan jetting compresor, bukan hanya air sumur yang akan membaik akan tetapi saringan dan segala jenis peralatan pompa juga akan membaik serta berfungsi seperti seharusnya.

Karena dalam melakukan jetting compresor bukan hanya fokus pada air sumru yang memburuk akan tetapi peralatan yang digunakan juga.

Tujuan dari Jetting Compresor ini pada umumnya adalah mengurangi keruh pada air bawah tanah dan juga mengatasi sumur bor yang mengalami pendangkalan dan juga dipenuhi dengan lumpur.

Penyebab dari berkeruhnya dan bau yang terdapat dalam sumur bor biasanya juga disebabkan oleh pergantian musim, seperti musim hujan ke musim kemarau atau juga sebaliknya.

Jasa Jetting Compressor Sebenarnya masih ada cara lain untuk membersihkan air sumur tanpa menggunakan jasa jetting compressor, yaitu dengan cara mencampurkan bahan kimia ke dalam air. Akan tetapi cara ini cukup berbahaya dan tidak dianjurkan apalagi jika takaran yang dilakukana melampau takaran normal.

Penggunaan bahan kimia juga berbahaya pada lingkungan sekitar dan juga berbahaya jika dikonsumsi dalam waktu yang cukup lama, maka jalan satu-satunya yang paling aman untuk membersihkan air sumur bor adalah dengan jasa Jetting /compressor.

baca juga

baca juga

www.sumurbor-murah.com/
https://www.sumurbor-murah.com/jasa-air-compressor/
https://www.sumurbor-murah.com/teknologi-water-jetting/
https://www.sumurbor-murah.com/memenuhi-kebutuhan-sumur-dalam-dengan-jasa-bore-hole-camera/
https://www.sumurbor-murah.com/jasa-perpanjang-perizinan-pengeboran-sipa-iupat/
https://www.sumurbor-murah.com/jasa-pengeboran-sumur-bor-dalam-water-deep-well/
https://www.sumurbor-murah.com/jasa-sumur-bor-murah-bekasi/
https://www.sumurbor-murah.com/jasa-sumur-bor-murah-karawang/

Untuk itu, bagi anda yang mempunyai masalah dengan air sumur bor, khusunya sumur bor dalam seperti air bau dan berkeluar, volume dan daya pompa yang semakin lama semakin mengecil ada baiknya melakukan Jetting Compressor.

Jika tidak melakukan Jetting Compressor atau pembersihan air sumur bor dalam, maka semakin lama kondisi air di dalam sumur tersebut akan semakin memburuk.

Jetting Compressor atau pembersihan sumur bor tidak bisa di lakukan secara mandiri akan tetapi memerluka tenaga ahli atau orang yang berkompeten dalam bidang ini.

Beberapa jasa Jetting Compresor yang berada di seluruh wilayah di Indonesia menawarkan Jasa Jetting Compresor dengan pelayanan yang berbeda-beda, tidak semua jasa Jetting compresor menawarkan jasa yang sama, beberapa jasa jetting compresor hanya bisa membersihkan sumur bor mulai dari kedalaman nol sampai tiga puluh meter di bawah tanah, sedangkan beberapa jasa penyedia jasa jetting compresor lainnya menawarkan pembersihan lubang sumur hingga kedalaman ratusan meter di bawah permukaan tanah.

Jasa Jetting compresor sendiri biasanya menwarkan dua jenis penwaran yaitu, pembersihan sumur dangkal dengan menggunakan sistem water jetting dan juga pembersihan sumur dalam dengan menggunakan air compressor.

Lalu bagaimana cara memilih atau mencari jasa Jetting compressor yang berkualitas? Pada umumnya beberapa jasa jetting compresor telah tersedia di beberapa website di internet, akan tetapi sebagai seorang konsumen juga perlu memperhatikan kualitas jasa penyedia jetting compresor tersebut.

Jasa Jetting Compressor Untuk harga yang ditawarkan pada umumnya juga berbeda beda sesuai dengan standar yang dibuat jasa jetting compresor tersebut, kondisi air yang semakin buruk juga biasanya mempengaruhi harga, selain kedalaman sumru bor juga mempengaruhi besar atau kecilnya harga yang akan dikeluarkan.

baca juga

Jasa Jetting Compressor Namun seperti yang dikatakan sebelumnya, harga juga tidak menjamin hasil yang ditawarkan jasa penyedia jetting compresor tersebut.

Hal-hal yang perlu diperhatikan lainnya adalah seperti kinerja pada proyek-proyek sebelumnya serta alat dan bahan yang digunakan dalam proses pembersihan air sumur.

Jasa Jetting Compressor Di bawah ini terdapat beberapa alat yang pada umumnya digunakan untuk mebersihkan air sumuru bor, diantaranya

  • Penyangga yang terbuat dari besi atau yang biasa disebaut dengan tiang menara
  • Tali yang terbuat dari baja
  • Pengait besi dan pengait pipa
  • Kompresor
  • Selang kompresor sesuai dengan kebutuhan

Adapun prosedur dalam Jasa Jetting Compressor yang dilakukan dalam menguras air sumur adalah sebagai berikut

  • Merangkai tiang menara atau penyangga yang terbuat dari besi di area sumur bor yang akan di kuras, tiang menara atau penyangga besi ini berfungsi sebagai penarik pipa pompa air ke atas
  • Setelah itu penutup lubang sumur dibuka, tali yang terbuat dari baja atau yang disebut dengan kawat sling diturunkan sampai kebawah hingga ujung pengaitnya berhasil dikaitkan dengan pipa pompa air.
  • Mengangkat pipa pompa air dan mengangkatnya
  • Setelah pompa air tersebut terangkat, hal selajutnya yang harus di lakukan adalah membersihkan pompa tersebut dan melakukan pengecekan apakah terjadi kerusakan atau tidak.
  • Menghidupkan kompresor aingin yang sudah terangkai dengan selang, pada saat ini posisi kran sir masih tertutup.
  • Mengikat ujung kompresor dengan ujung pipa paralon yang sudah tersambung  kemudian memasukkannya ke dalam sumur sampai dasar.
  • Kemudian menutup lubang sumur bagian atas, hal ini dikarenakan supaya angin dari kompresor hanya keluar dari pipa paralon.
  • Setelah semuanya siap, kran kompresor angin yang dihidupkan bisa dibuka, namun perlu diketahui bahwa pipa paralon sebelumnya harus dipegang kuat-kuat.
  • Dalam proses ini air keruh, pasir dan lumpur akan terangkat melewati pipa paralon.
  • Lakukan hal ini hinnga mendapatkan air bersih kembali.

Itulah beberapa informasi yang disajikan mengenai Jetting Compresor, semoga bermanfaat.

Your Thoughts

Sumur