Jasa Pengurusan izin Sumur Bor

sumurbor-murah.com – Kami Menyediakan Jasa Perpanjang Perizinan Pengeboran (SIPA/IUPAT) , segera kontak kami untuk info lebih lanjut tentang Jasa Perpanjang Perizinan Pengeboran (SIPA/IUPAT)

Sumur

Air tanah merupakan salah satu sumber air tawar terbesar di bumi dengan persentase sebesar 30% dari total kandungan air tawar.

Jasa Pengurusan izin Sumur Bor Menurut makalah mengenai air tanah yang ditulis oleh Wahyuni, air tanah memiliki dua jenis yang berbeda menjadi akuifer dangkal dan akuifer tertekan atau akuifer dalam.

Karena jumlah yang besar ini, banyak orang memanfaatkannya baik untuk keperluan rumah tangga maupun untuk keperluan industri.

Namun untuk dapat memanfaatkan air tanah di apartement azalea cikarang untuk komunitas jepang ini, diperlukan teknologi khusus yang dapat mengekstraksi air dari dalam tanah agar bisa digunakan.

Salah satu teknologi yang ditemukan oleh manusia untuk bisa mengekstraksi air tanah ini adalah sumur bor.

Sesuai dengan namanya, sumur bor berarti sumur yang dibor dengan alat pengebor

Selain digunakan untuk mencari sumber air, pengerjaan sumur bor juga dapat dimaksudkan untuk mencari kandungan lain seperti minyak atau gas

Cara pembuatannya yang sederhana serta tidak memakan biaya yang cukup besar membuat sumur bor menjadi sumber air andalan bagi banyak orang.

Meskipun penggunaan sumur bor secara besar-besaran dapat berdampak buruk bagi lingkungan, pemerintah tidak serta merta dapat menerapkan larangan penggunaan sumur bor secara total.

Sumur

Jasa Pengurusan izin Sumur Bor Salah satu alasannya adalah karena belum semua masyarakat dan pelaku industri mendapatkan akses terhadap pipa air minum secara menyeluruh.

Untuk mencegah penggunaan sumber air dari sumur bor secara serampangan, pemerintah Indonesia dengan berbagai perangkat hukum mengatur secara tegas mengenai penggunaan sumber daya air bawah tanah yang diperbolehkan.

Perizinan Pengeboran

Jasa Pengurusan izin Sumur Bor : PERATURAN YANG PERLU DIPERHATIKAN BERKAITAN DENGAN MEMBANGUN SUMUR BOR

Tidak dapat disangsikan bahwa selain untuk kebutuhan rumah tangga sehari-hari, air tanah juga banyak dibutuhkan oleh pelaku industri untuk menjalankan usahanya.

Sebagai penggerak ekonomi negara, keleluasaan menggunakan sumber air terutama air tanah adalah sesuatu yang krusial bagi para pelaku industri.

Namun di sisi lain pemerintah juga berkewajiban untuk menjaga penggunaan air tanah untuk keperluan konservasi di masa mendatang.

Untuk menjalankan mandat ini, pemerintah mengeluarkan beberapa perangkat hukum yang mengatur penggunaan air tanah termasuk sumur bor.

Adapun beberapa perangkat hukum yang perlu diperhatikan oleh para pelaku industri terkait dengan penggunaan air tanah ini meliputi :

Jasa Pengurusan izin Sumur Bor: UNDANG-UNDANG NO 11 TAHUN 1974 MENGENAI PERAIRAN

Undang-undang ini mengatur tentang tata kelola dan tata guna segala jenis badan air yang berada dalam wilayah sah Republik Indonesia.

Ada dua bagian penting yang terkandung dalam undang-undang ini terkait dengan hak penguasaan atas air dan air tanah.

Bagian pertama terdiri dari bab II hingga bab IV yang menegaskan hak pemerintah untuk menguasai dan mengusahakan segala air tanah untuk kepentingan masyarakat luas.

Sementara bagian kedua yang dimulai dari bab VI hingga  bab X mengatur tentang hak dan kewajiban badan non pemerintah yang memiliki konsesi penggunaan air.

Selain mengatur kewajiban pemegang konsesi sumber air untuk turut memperbaiki pengaturan pengairan, Undang-undang ini juga mengatur pidana terkait dengan pengusahaan sumber air.

Jasa Pengurusan izin Sumur Bor: PERATURAN PEMERINTAH NO 121 TAHUN 2015

Peraturan pemerintah no 121 tahun 2015 merupakan turunan langsung dari Undang-undang tahun 11 no 1974 yang mengatur tentang pengusahaan sumber daya air.

Dalam peraturan ini, dirumuskan mengenai hal-hal yang patut dipatuhi oleh para pemilik hak pengusahaan air termasuk air tanah.

Beberapa hal penting yang harus diketahui oleh pelaku industri yang menggunakan air tanah yaitu mulai dari prinsip penggunaan, tata pemberian izin, hingga peraturan mengenai tata alokasi air.

Hal ini patut diketahui pelaku industri untuk mencegah adanya pengenaan sanksi dari otoritas pemberi hak yang dalam hal ini adalah pemerintah.

baca juga

Jasa Pengurusan izin Sumur Bor : PERATURAN MENTERI ESDM NO 20 TAHUN 2017

Peraturan menteri merupakan peraturan pelaksana dari undang-undang di atasnya.

Sebagai turunan dari Undang-undang no 11 tahun 1974 di atasnya, peraturan menteri ESDM no 20 tahun 2017 ini mengatur tentang penetapan nilai air tanah.

Dalam peraturan menteri ini, salah satu hal yang perlu diperhatikan oleh pelaku industri adalah tabel pengelompokkan pengguna yang berhak mendapat konsesi pemakaian air terutama air tanah yang dibagi menjadi lima golongan.

Selain itu peraturan ini juga mengatur tentang rumus perhitungan nilai air tanah yang wajib dibayarkan ke negara oleh pemiliki industri.

Jasa Pengurusan izin Sumur Bor: Ketentuan Sumur Bor yang Ideal

Sebagai sumber kebutuhan air bersih, pembuatan sumur bor harus memenuhi ketentuan layak guna.

Dalam panduan mengenai air bawah tanah yang dikeluarkan oleh United States Environmental Protection Agency, sumur yang digunakan sebagai sumber air sehari-hari harus memenuhi bebas dari rembesan dan zat-zat polutan.

Sebagai pertimbangan dalam menentukan penyedia jasa sumur bor yang akan dipekerjakan, ada baiknya pelaku industri untuk mengetahui kriteria sumur bor yang layak digunakan.

Untuk memenuhi kriteria sebagai sumur bor yang dinilai baik, ada beberapa aspek penting yang harus diperhatikan sejak tahap perencanaan.

Aspek-aspek yang penting tersebut antara lain mulai dari konstruksi sumur hingga jaminan keamanan air dari kemungkinan zat pencemar.

Aspek-aspek yang meliputi konstruksi sumur antara lain :

Jasa Pengurusan izin Sumur Bor: Dinding sumur

Berdasarkan manual dari USEPA, dinding penahan sumur harus mampu mencegah limpahan tanah untuk masuk dan mencemari sumber air yang digunakan.

Gabriel Renaud, seorang ahli konstruksi hidrologi menyarankan agar dinding sumur memiliki jarak sebesar 3 meter dari permukaan tanah sebagai jarak aman minimal.

Hal ini disarankan karena bakteri tidak dapat bertahan pada kedalaman 3 meter di bawah tanah.

Untuk memperkokoh konstruksi, sekitar 1,5 meter dari dasar sumur kembali dilapis dengan batu bata.

Untuk bibir sumur, Gabriel menyarankan agar dibuat setinggi 70 cm dari permukaan tanah.

Jasa Pengurusan izin Sumur Bor: Lantai Sumur

Lantai sumur minimal memiliki lebar sebesar 1,5 m untuk menghindari rembesan dari tanah atau limpasan air kotor dari sekitar lubang galian.

Selain dibuat agar selebar mungkin, kontur dari lantai sumur disarankan untuk dibuat dengan kemiringan sekitar 20 derajat.

Tanah di sekitar lantai sumur disarankan untuk disemen kembali untuk menghindari tekanan air keluar dari sumur yang sudah ditetapkan.

Jasa Pengurusan izin Sumur Bor: Saluran Pembuangan Air Limbah

Sumur yang sesuai dengan ketentuan standar kesehatan tidak hanya harus kedap dari sumber kontaminan yang ada di sekeliling sumur, namun juga memiliki saluran pembuangan air limbah.

Prasyarat utama untuk saluran air limbah agar tidak masuk ke sumur harus berupa pipa yang disemen hingga kedap sepanjang 10 meter.

Selain itu pipa juga harus dibuat miring melintang dari dinding sumur sebesar 1,5 meter untuk mencegah kemungkinan pipa jatuh ke air sumur.

Aspek-aspek di atas diatur sedemikian rupa dengan asumsi bahwa bakteri patogen tidak akan mencapai dinding sumur sebelum 3 hari apabila tembok tidak kuat menahan sumber polutan.

baca juga

Jasa Pengurusan izin Sumur Bor: Memilih Jasa Pembuat Sumur Bor yang Ideal

Setelah mengetahui konstruksi dasar sumur yang ideal, langkah selanjutnya yang perlu diperhatikan memilih penyedia jasa yang ideal.

Karena berkaitan dengan sifat-sifat tanah yang kompleks, maka ada beberapa persyaratan yang dapat dipertimbangkan sebelum memilih penyedia jasa yang ideal.

Dari antara beberapa hal yang bisa dianggap sebagai persyaratan, ada dua hal yang dapat dianggap paling penting yaitu pengalaman dan kemampuan peralatan yang dimiliki.

Pengalaman atau dalam bahasa industri disebut dengan Years of Doing Business dapat menentukan seberapa cakap dan kompeten hasil pengerjaan yang dihasilkan.

Karena mayoritas industri menggunakan sumur bor dengan kedalaman lebih dari  40 m, pembuatan sumur akan membutuhkan pertimbangan lebih.

Kompetensi penyedia jasa sumur bor juga harus didukung oleh kemampuan peralatan yang mumpuni.

Penggunaan teknologi yang mutakhir seperti penggunaan elektroda geolistrik dapat membantu keakuratan dari pengerjaan pembuatan sumur bor.

Selain itu kepemilikan teknologi pengeboran yang efisien juga dapat meningkatkan presisi pengerjaan hingga 30%.

Jasa Pengurusan Izin Sumur Bor

untuk mendapatkan air bersih selain dengan menggunakan air PDAM atau sejenisnya dapat juga dilakukan dengan menggali sumur sendiri atau menngunakan sumur bor.

Untuk menggali sumur sendiri pada umumnya tidak mempunyai ketentuan khusus akan tetapi keselamatan orang sekitar perlu diperhatikan, sedangkan untuk menggali sumur bor dengan kedalaman 40 meter di bawah permukaan tanah perlu mengurus izin terlebeih dahulu.

Jasa Pengurusan izin Sumur Bor : Izin yang dimaksudkan dalam hal ini terbagi dua, yaitu Surat Izin Pengambilan Air Tanah (SIPA) atau Pengurusan Pembuatan Izin Pengeboran Air Tanah (IPAT).

Dari kedua hal di atas dapat disimpulkan bahwa untuk mendapatkan air di dalam tanah tidak sembarangan walaupun air di dalam tanah masih berada di lingkungan tanah sendiri.

Selain berfungsi memberi izin pengeboran dan pemanfaatan air di bawah tanah yang akan digunakan sebagai keperluan sehari-hari, pengurusan surat izin ini juga berguna untuk kepentingan usaha dan kepentingan komersial yang berskala cukup besar.

Izin pengambilan air tanah biasanya digunakan juga dalam berbagai usaha, seperti perkebunan, perikanan, peternakan dan lain sebaginya.

Jasa Pengurusan izin Sumur Bor Namun sebelum mengambil atau mengurus Surat Izin Pengambilan Air Tanah (SIPA) terlebih dahulu  memperoleh atau mengurus surat Izin Pengeboran, karena salah satu syarat atau ketentuan dalam pengurusan SIPA adalah dengan melampirkan SIP.

Lalu kenapa harus mengurus SIP atau SIPA? Bukankah tanah termasuk hak milik pribadi? Salah  satu alasan yang belum diketahui oleh orang banyak mengenai pengurusan SIP atau SIPA adalah karena tanah merupakan salah satu sumber daya alam yang wajib dilestarikan, hal-hal seperti ini biasanya sudah di atur dalam perundang-undangan.

Instansi atau lembaga yang melakukan pengeboran tanah dengan ketentuan tertentu wajib mengurus SIP dan SIPA, jika tidak maka akan dikenakan sanksi.

Jasa Pengurusan Izin Sumur Bor
Jasa Pengurusan Izin Sumur Bor

Jasa pengurusan izin sumur bor juga biasanya di lakukan oleh instansi dengan pemakaian air yang cukup besar.

Jasa Pengurusan izin Sumur Bor : Menurut beberapa sumber lain, pada umumnya setiap pemegang izin pengambilan air tanah wajib memberikan sekitar 10 persen air tersebut jika seandainya dibutuhkan oleh masyarakat, karena seperti yang dikatakan sebelumnya air dan tanah merupakan sumber daya alam yang digunakan secara bersama.

Perlu diketahui bahwa sebelum melakukan pengurusan surat izin pemakaian/pengeboran air tanah sebaiknya melakukan konsultasi terlebih dahulu, hal ini diperlukan untuk kejelasan air tanah yang akan digunakan.

Sebelum membat sumur bor dengan skala pemakain yang cukup besar, ada baiknya mengetahui bagaimana sumur bor yang ideal.

Pada umumnya sumur yang digunakan harus bebas rembetan dan juga bebas zat-zat polutan, untuk itu perlu juga memperhatikan saluran pembuangan dan limbah di sekitar lingkungan sumur.

Pengurusan surat izin ini juga berfungsi sebagai pencegahan kerusakan lingkungan, tanpa adanya surat izin seseorang tidak bisa mengambil air tanah semaunya.

Jasa Pengurusan izin Sumur Bor: Untuk pengurusan SIP, lembaga atau instansi yang berurusan harus mempersiapkan beberapa dokumen yang diperlukan, diantarannya:

  • Akte pendirian lembaga yang bersangkutan
  • Fotokopi NPWP lembaga pemohon
  • Fotokopi KTP pimpinan lembaga
  • Surat keterangan domisili lembaga
  • Surat pernyataan sanggup memasang meter air
  • Peta skala 1:10000 atau lebih besar
  • Peta topografiskala 1:50000
  • Gambar rencana konstruksi sumur
  • Informasi mengenai rencana pengeboran air tanah
  • Fotokopi STIB mesin bor yang digunakan
  • Fotokopi SJIB dari juru bor
  • dokumen UKL dan UPL
  • tanda kepemilikan satu buah sumur

setelah melengkapi persyaratan diatas, maka hal selanjutnya yang dilakukan adalah mengurus SIP tersebut, adapun tata cara atau prosedur pengurusan SIP, yaitu sebagai berikut:

  • pemohon mengajukan permohonan secara tertulis dan melampirkan dokumen persyaratan
  • petugas memeriksa kelengkapan dokumen, jika dokumen yang diperiksa sudah lengkap kepala dan memenuhi syarat maka hal selanjutnya yang dilakukan adalah kepala dinas memberikan tidak lanjut terhadap dokumen-dokumen tersebut.
  • kemudian kepala dinas melanjutkan isi dokumen ke bagian kepala seksi.
  • Pelaksana menyusun surat pertimbangan kepada ke dinas teknis terkait
  • Kepala teknis terkait memberikan pertimbangan berdasarkan peninjauan lapangan yang telah di lakukan
  • Kepala seksi memeriksa permohonan, dokumen persyaratan, pertimbangan teknis, dan laporan peninjauan lapangan.
  • Petugas menyusn naskah izin/non-izin.
  • Kepala bidang memeriksa naskah izin/non-izin.
  • Kepala dinas menandatangani naskah atau keputusan yang telah dibuat
  • Pelaksana memberikan nomor surat dan tanggal izin surat
  • Pemohon menerima izin naskah

Setelah mendapatkan Surat Izin diatas maka hal selanjutnya yang akan dilakukan adalah dengan mengurus SIPA.

Jasa Pengurusan izin Sumur Bor Dalam pengurusan SIP atau SIPA ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, seperti

  • Lokasi dan kedalaman pengeboran dan penggalian tanah
  • Debit pengambilan air tanah
  • Kualitas air tanah
  • Untuk apa air tanah akan digunakan.

Sedangkan untuk pengambilan air tanah dalam jumlah yang cukup besar, maka perlu diperlukan eksplorasi air tanah terlebih dahulu.

Hasil pengeksplorasian inilah yang akan menjadi pertimbangan apakah izin pengeboran tersebut bisa didapatkan atau tidak.

Adapun undang-undang yang membahas tentang pemanfaat air tanah tercantum dalam

  • Undang-Undang no.7 Tahun 20014 tentang Sumber daya Air
  • Peraturan Pemerintah Nomor 42 Tahun 2008 tentang Pengelolaan Sumber Daya Air
  • Peraturan Pemerintah Nomor 43 Tahun 2008 Tentang Air Tanah, dll.

Untuk izin sumur bor atau pengelolaan air tanah sendiri biasanya berlaku selama tiga tahun sejak izin tersebut didapatkan, akan tetapi izin ini bisa diperpanjang dengan melakukan pengurusan perpanjangan SIPA kembali.

Jasa Pengurusan izin Sumur Bor Namun ada baiknya sebelum izin pengelolaan air tanah tersebut habis si pemilik izin  memperpanjang izin pengelolaan.

baca juga

Izin pengelolaan juga bisa di cabut jika si pengelola tidak mematuhi peraturan yang telah di tetapkan.

Sebagai orang yang mengurus surat izin tersebut, maka dia mempunyai hak dan kewajiban terhadap pengelolaan sumur bor yang telah dia buat.

Jasa Pengurusan izin Sumur Bor Hak yang di dapatkan berupa izin pakai dan juga izin usaha, sedangkan untuk kewajibannya meliputi hal- hal berikut

  • Menyampaikan laporan hasil pengeboran atau penggalian air tanah serta debit pemakaian atau pengusahaan air tanah setiap bulan kepada pemerintah.
  • Memasang meteran air pada setiap sumur produksi dalam pemakaian atau penguasaan air tanah.
  • Membangun sumur resapan yang telah di tentukan kepala pemerintah setempat.
  • Berperan serta dalam menyediakan sumur pantau air tanah.
  • Melakukan upaya konservasi air tanah
  • Wajib memberikan sekurang-kurangnya sekitar 10 persen air tanah kepada masyarakat yang berada di lokasi atau lingkungan setempat.

Untuk orang yang melakukan pelanggaran sumur bor atau pemanfaatan air tanah maka orang tersebut akan mendapatkan sanksi.

Sanksi dalam hal ini terbagi menjadi dua, yaitu sanksi pidana yang terdapat dalam UU No.7 Tahun 20014 dan juga sanksi administrasi.

baca juga

www.sumurbor-murah.com/
https://www.sumurbor-murah.com/jasa-air-compressor/
https://www.sumurbor-murah.com/teknologi-water-jetting/
https://www.sumurbor-murah.com/memenuhi-kebutuhan-sumur-dalam-dengan-jasa-bore-hole-camera/
https://www.sumurbor-murah.com/jasa-perpanjang-perizinan-pengeboran-sipa-iupat/
https://www.sumurbor-murah.com/jasa-pengeboran-sumur-bor-dalam-water-deep-well/
https://www.sumurbor-murah.com/jasa-sumur-bor-murah-bekasi/
https://www.sumurbor-murah.com/jasa-sumur-bor-murah-karawang/

Untuk pengurusan surat izin sumur bor dan pengelolaan air tanah sendiri biasanya sudah terdapat di beberapa daerah.

Bagi yang ingin mencari tau tentang jasa pengurusan izin sumur bor bisa mencari tau di situs-situs yang tersedia di daerah masing-masing.

No Responses

Your Thoughts

Sumur