Jasa Sumur Bor Dalam

Jasa Sumur Bor Dalam Sumur bor dalam atau yang disebut juga dengan deep wall drilling merupakan salah satu jenis sumur bor yang mempunyai sumber air dengan kedalaman di atasĀ  enam puluh meter dibawah permukaan tanah.

Sumur

Jika sumur bor pada umumnya mempunyai kedalam sekitar tiga puluh hingga enam puluh meter di dalam tanah maka sumur bor dalam ini mempunyai kedalaman yang lebih.

Angka ini jauh lebih besar dibandingkan dengan angka kedalaman sumur galian pada umumnya yaitu sekitar 6 sampai 10 meter saja sudah mendapatkan sumber mata air.

Beberapa wilayah di Indonesia mempunyai masalah yang cukup serius terhadap ketersediaaan air bersih, misalnya saja terdapat bau karat pada air atau juga warna air yang menguning sehingga tidak layak di konsumsi.

Untuk daerah pantai kadar garam yang terdapat di dalam air biasanya sangat tinngi sehingga air yang digunakan sehari-hari juga tidak aman di konsumsi.

Masalah air yang kurang baik ini bukan hanya terdapat dalam penggunaan air sumur galian akan tetapi terdapat  juga pada penggunaan air PDAM dan sejenisnya.

Untuk meminimalisir masalah tersebut ada baiknya menggunakan solusi yang jauh lebih praktis salah satunya dengan menggunakan sumur bor dalam.

Seperti sumur bor pada umumnya, sumur bor dalam mempunyai beberapa keuntungan seperti penggunaan lahan yang lebih kecil, air yang di dapatkan jauh lebih bersih, tidak perlu mengeluarkan biaya untuk kebutuhan air ke depannya dan lain sebagainya.

Jasa Sumur Bor Dalam

Lalu bagaimana cara mendapatkan sumur bor dalam? tidak perlu khawatir karena saat ini telah muncul beberapa jasa yang  menyediakan jasa sumur bor dalam.

Selain keuntungan di atas ada beberapa keuntungan lain yang bisa di dapatkan dengan menggunakan air sumur bor dalam, diantaranya air yang jauh lebih bersih karena berasal dari kedalaman sumber mata air di bawah permukaan tanah, bukan hanya itu saja akan tetapi debit air yang di dapatkan tentunya lebih banyak dan lebih besar.

Lalu bagimana cara menemukan jasa sumur dalam? Seperti yang kita ketahui tidak semua jasa sumur bor menawarkan pengeboran sumur bor dalam, akan tetapi hal ini bisa di lakukan dengan  mencari di situs-situs tertentu yang menawarkan jasa seperti ini.

Sumur

Dalam pembuatan sumur bor dalam terbagi menjadi beberapa tahapan.

Membuat sumur bor dalam tentu tidaklah mudah, karena dalam pembuatan sumur ini harus mempunyai persediaan alat dan bahan yang mendukung selama masa pengerjaan. Adapun tahapan-tahapan yang dilakukan pada saat pengeboran sumur bor diantaranya

Persiapan

Hal yang pertama kali di lakukan adalah mempersiapkan segala jenis kebutuhan dalam melakukan pengeboran sumur.

Salah satu hal yang perlu dipersiapkan dan yang paling penting adalah mempersiapkan mesinnya terlebih dahulu.

Dalam persiapan ini ada baiknya juga melakukan pengecekan terlebih dahulu.

Berapa kedalaman untuk mendapatkan air di bawah permukaan tanah dan juga kandungan apa saja yang terdapat di bawah sana karena itu juga kan mempengaruhi kualitass dan keamanan air yang akan di konsumsi.

Jasa sumur bor dalam yang sudah ahli biasanya akan mempertimbangkan hal-hal tersebut.

Bukan hanya itu saja, akan tetapi keberlangsungan makhluk hidup di sekitar area pengeboran juga perlu diperhatikan.

Dalam tahap persiapan ini juga biasanya mementukan titik pengeboran dan lokasi air yang mempunyai sumber air yang banyak di dalam tanah.

Perlu diketahui kedalaman tanah sekitar 400 meter ke bawah juga perlu di perhitungkan dan juga memperhitungkan bagaimana struktur tanah tersebut.

Bukan hanya itu saja, akan tetapi sungai yang berada di bawah tanah juga berperan penting dalam melakukan persiapan pengeboran sumur ini karena tidak semua jenis tanah mengandung sumber mata air khususnya berbentuk sungai di dalam tanah.

Tahapan selanjutnya dalam persiapan ini adalah membersihkan dan meratakan areal yang akan di jadikan sebagai tumpuan mesin yang akan digunakan selama masa pengeboran.

Selain itu tahap selanjutnya adalah penanaman alat atau mesin yang akan digunakan serta penyetelan atau setting.

Pengeboran awal

Tahap selanjutnya adalah pengeboran awal, dalam tahapan ini pengeboran mulai di lakukan.

Sistem pengeboran yang di lakukan biasanya adalah menggunakan teknik bor putar dan tekanan kebawah.

Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam tahapan ini adalah berupa kekentalan lumpur bor dan juga kecepatan mata bor.

Tahap electrical loging

Tahap electrical loging adalah menentukan titik atau posisi air.

Tahapan ini biasanya juga menngunakan alat tertentu.

Tahap pembersihan lubang bor

Setelah melakukan electrical loging, tahap selanjutnya adalah tahap membersihkan lubang bor, tahapan ini bertujuan agar pipa dan saringan air dipermudah.

Tahap kontruksi pipa casing dan saringan serta penyetoran kerikir pembalut

Pada tahapan ini harus sesuai dengan apa yang telah di rencanakan sebelumnya, oleh sebab itu perlu diadakan analisi yang tinggi terhadap sumur bor dalam tersebut.

Sedangkan untuk tahapan penyetoran kerikil pembalut berfungsi sebagi penyaringan air yang akan masuk.

Tahap pencucian dan pembersihan

Tahapan ini berfungsi membersihkan zona infasi akuafer.

Manfaat dari tahapan ini berupa, menghilangkan atau mengurangi penyumbatan pada dinding lobang bor, meningkatkan porositas disekeliling sumur dalam serta menstabilkan formasi lapisan pasir di sekeliling saringan sehingga pada tahap pemompaan bebas dari kandungan pasir.

Pelaksanaan pembersihan ini terbagi menjadi dua yaitu, Water Jetting dan Air Lift.

Tahap pengecoran

Maksud dari tahapan ini adalah memperkuat tumpuan kontruksi pipa casing.

Tahap Uji Pemompaan

Tahapan selanjutnya yang dilakukan adalah dengan menguji pemompaan, tahapan ini berfungsi untuk menguji apakah tahapan di atas berhasil atau tidak, dalam tahap ini ada beberapa hal yang perlu diperhatikan seperti, muka air tanah awal, debit air selama pemompaan di lakukan, penurunan muka air selama pemompaan, waktu sejak pemompaan, kenaikan air tanah sejak setelah pompa dimatikan serta waktu setelah pompa dimatikan.

Pemompaan biasanya dilakukan menjadi dua tahap, yaitu uji pemompaan bertahap yang dilakukan selama dua jam dalam tiga periode yang berbeda dan tahap uji pemompaan panjang dalam kurun waktu tiga kali dalam dua puluh empat jam.

Tahap finishing

Seperti namanya, tahap ini adalah tahap terakhir yang dilakukan jika semua tahap diatas sudah berhasil di lakukan, tahap finishing ini meliputi pemasangan pompa permanen dan instalasi kabel-kabelnya, pembuatan instalasi perpipaan serta pemasnagan aksesoris sumur, perapihan dan pembersihan area sumur.

Untuk menjaga keawetan pompa yang digunakan, perlu dilakukan proteksi agar pompa dapat beroperasi dengan baik, di bawah ini terdapat beberapa standar minimum yang setidaknya terdapat dalam proteksi pipa,yaitu terdiri dari:

Proteksi terhadap aliran

Hal pertama kali yang harus diperhatikan adalah proteksi terhadap aliran, aliran yang dimaksudkan bukan hanya aliran satu arah melainkan aliran dua arah.

Proteksi terhadap over load

Dalam tahapan ini hal yang harus diperhatikan adalah beberapa alat yang dipasang pada pompa agar tidak terjadinya overload.

Proteksi tehadap vibrasi

Pada umumnya vibrasi yang berlebihan akan membuat pompa terganggu bahkan terjadi kerusakan, oleh sebab itu proteksi terhadap vibrasi perlu diperhatikan.

baca juga

baca juga

https://sumurbor-murah.com/
https://sumurbor-murah.com/jasa-air-compressor/
https://sumurbor-murah.com/teknologi-water-jetting/
https://sumurbor-murah.com/memenuhi-kebutuhan-sumur-dalam-dengan-jasa-bore-hole-camera/
https://sumurbor-murah.com/jasa-perpanjang-perizinan-pengeboran-sipa-iupat/
https://sumurbor-murah.com/jasa-pengeboran-sumur-bor-dalam-water-deep-well/
https://sumurbor-murah.com/jasa-sumur-bor-murah-bekasi/
https://sumurbor-murah.com/jasa-sumur-bor-murah-karawang/

Proteksi terhadap minimum flow

Pada bagian ini alangkah lebih baiknya pompa dipasang  keamanan untuk melindungi pompa dan terhidar dari kerusakan.

Proteksi terhadap low NPSH available

Apabila pompa tidak memiliki NPSH yang cukup, biasanya aliran keluaran pompa tidak akan keluar dan air tidak akan mengalir dan fluida akan terakumulasi di dalam pompa.

Your Thoughts

Sumur