Kelebihan Sumur Bor

Categories: Uncategorized
No Comments

Sumurbor-murah.com – Air adalah salah satu hal yang sangat penting dalam kehidupan dan mendapatkan air bersih tentu menjadi hal yang perlu dipertimbangkan sebelum menghuni suatu tempat.

Sumur

Beberapa daerah mengalami kesulitan mendapatkan air bersih akibat pencemaran yang terjadi pada sumber air.

Saat ini mungkin banyak orang mendapatkan pasokan air dari PDAM atau perusahaan penyedia air minum tetapi ada alternatif lain untuk mendapatkan air bersih, yaitu dengan membuat sumur bor.

Ketahui definisi dan manfaat memiliki sumur bor serta bagaimana cara mendapatkan sumur bor yang dapat mengalirkan air bersih ke rumah.

Apa itu sumur bor?

Untuk mendapatkan air bersih tanpa pasokan dari PDAM Anda bisa mengandalkan sumur termasuk sumur bor.

Berdasarkan Wikipedia, sumur bor adalah sumur atau sumber mata air yang diperoleh dengan cara menggali atau mengebor tanah dengan kedalaman tertentu sampai air terpancar keluar.

Pada zaman dahulu biasanya orang akan menggali sumur dengan metode manual atau menggunakan cangkul ataupun alat lainnya tanpa bantuan mesin atau yang dikenal dengan istilah sumur gali.

Saat ini membuat sumur bor lebih mudah daripada sumur gali karena sudah ada teknologi yang memungkinkan mengebor tanah dengan lebih mudah.

Alat atau mesin bor yang digunakan untuk membuat sumur biasanya dilengkapi dengan sensor yang dapat mendeteksi adanya sumber air sehingga akan lebih mudah untuk mendapatkan sumur bor dengan aliran yang baik.

Dengan menggunakan alat bor tentunya membuat sumur akan lebih cepat dan bisa dilakukan oleh siapa saja.

Sumur
Kelebihan  Sumur Bor

Pentingnya sumur bor

Dewasa ini, memiliki sumur agaknya menjadi hal yang penting untuk mendapatkan pasokan air yang cukup dan bersih.

Memang, kita bisa mendapatkan pasokan air bersih dari Perusahaan Air Minum atau PDAM tetapi tentu akan lebih hemat dan praktis jika menggunakan sumur.

Dengan menggunakan sumur bor tentunya Anda tidak perlu membayar tagihan air setiap bulan dan dan tentunya hal ini akan sangat membantu.

Air tanah yang dihasilkan oleh sumur bor biasanya juga akan lebih sehat dan lebih baik dibandingkan dengan air dari PDAM yang sudah mengalami proses pengolahan sehingga tentunya akan lebih baik untuk dikonsumsi.

Di daerah tertentu sumur bor juga bisa membantu masyarakat untuk bisa mendapatkan air bersih tanpa harus mengambil atau melakukan aktivitas seperti mencuci ataupun mandi di sungai.

Selain itu, sumur bor juga lebih efisien dan lebih praktis digunakan dibandingkan sumur gali maupun sumur pompa yang membutuhkan lebih banyak tenaga untuk mendapatkan air bersih.

Kelebihan sumur bor

Sebagai sumber air, sumur bor memiliki beberapa kelebihan dibandingkan sumur gali yang dibuat dengan metode manual.

Membuat sumur bor lebih cepat dan efisien dibandingkan dengan sumur gali.

Karena menggunakan mesin yang serba otomatis dan menggunakan teknologi terkini tentu membuat sumur bor lebih cepat dibandingkan dengan membuat sumur gali dengan metode konvensional.

Dengan adanya mesin tersebut dan dengan lokasi yang strategis, sumur bor juga bisa dibuat dengan lebih efisien dan tidak membuang waktu.

Untuk membuat sumur bor biasanya hanya membutuhkan waktu satu atau dua hari.

Hal ini tentunya akan lebih efisien dibandingkan dengan waktu pembuatan sumur galian yang tentunya memakan waktu yang lebih lama.

Selain lebih hemat waktu membuat sumur bor juga lebih hemat tenaga karena dikerjakan dengan mesin dan minim tenaga manusia.

Kita tidak perlu membuang banyak tenaga untuk menggali tanah saat membuat sumur.

Kelebihan lainnya dari sumur bor adalah tidak makan tempat.

Baik proses atau hasil dari sumur bor tentunya akan lebih efisien, tidak hanya soal waktu tetapi juga soal tempat.

Dengan bantuan mesin, sumur bor dapat dibuat pada tempat yang tepat dan mesin tersebut tidak membutuhkan banyak ruang.

Berbeda dengan sumur gali yang tentunya membutuhkan lebih banyak ruang dan pengerjaan yang lebih berat karena hanya memperkirakan tempat yang akan digali.

Sumur bor menjadi solusi yang tepat bagi Anda yang ingin memiliki sumur tanpa memakan banyak tempat.

Sumur bor juga lebih praktis digunakan dan bisa dibuat di tempat yang tidak terlalu luas karena diameternya yang tidak besar.

Itulah sebabnya saat ini banyak orang bisa membuat sumur bahkan di daerah pemukiman yang tidak terlalu luas baik membuat dia sendiri ataupun dengan menggunakan jasa pengeboran sumur.

Karena lebih praktis dan efisien tentunya Anda tidak perlu ragu lagi untuk membuat sumur meskipun hanya memiliki lahan yang sempit.

Satu lagi kelebihan sumur bor yang bisa Anda ketahui adalah bahwa sumber air pada sumur bor tidak mudah tercemar.

Dibandingkan dengan sumur galian, sumur bor hanya memiliki sedikit daerah resapan dan menggunakan pipa pipa Galvanis atau pipa pvc yang dapat mencegah masuknya limbah.

Oleh sebab itu risiko pencemaran sumur bor tentunya akan lebih rendah dibandingkan menggunakan sumur gali.

Limbah yang terserap pada air tanah tentunya bisa membuat air menjadi tercemar dan membahayakan kesehatan.

Anda tentu tidak mau memiliki sumber air yang kotor dan tidak dapat dikonsumsi bukan?

Itulah beberapa kelebihan sumur bor yang bisa diketahui dan Anda pertimbangkan sebelum membuatnya.

Kekurangan sumur bor

Meskipun memiliki beberapa kelebihan, sumur bor juga mempunyai beberapa kekurangan yang perlu dipertimbangkan.

Untuk mendapatkan air bersih sumur bor mengandalkan pompa air yang menggunakan energi listrik sehingga jika listrik padam Anda tentu tidak dapat mengalirkan air.

Sebagai solusi, Anda tentu memerlukan toren ataupun penampung yang dapat menyimpan air untuk digunakan kapan saja bahkan ketika listrik padam.

Selain itu, biaya untuk membuat sumur bor dan menjalankannya juga lebih mahal dibandingkan dengan sumur gali karena dibutuhkan mesin atau alat tertentu.

Karena sumur bor juga dibuat lebih jauh ke dalam tanah, untuk membangkitkan air juga diperlukan mesin pompa atau diesel yang harganya tentu tidak murah.

Jadi bisa disimpulkan bahwa biaya pembuatan sumur bor lebih mahal dibanding dengan membuat sumur gali.

baca juga

https://sumurbor-murah.com/
https://sumurbor-murah.com/jasa-air-compressor/
https://sumurbor-murah.com/teknologi-water-jetting/
https://sumurbor-murah.com/memenuhi-kebutuhan-sumur-dalam-dengan-jasa-bore-hole-camera/
https://sumurbor-murah.com/jasa-perpanjang-perizinan-pengeboran-sipa-iupat/
https://sumurbor-murah.com/jasa-pengeboran-sumur-bor-dalam-water-deep-well/
https://sumurbor-murah.com/jasa-sumur-bor-murah-bekasi/
https://sumurbor-murah.com/jasa-sumur-bor-murah-karawang/

Sumur bor di Bekasi

Jika Anda hendak memilih hunian atau kau tinggal di daerah Bekasi, Anda juga harus mempertimbangkan sumber air bersih di daerah tersebut.

Berdasarkan data dari situs pemerintah kota Bekasi, disebutkan bahwa daerah ini masih memiliki potensi air bersih meskipun tidak semuanya.

Beberapa daerah di sekitar tempat pembuangan akhir seperti TPA Bantargebang tentu bisa mengalami pencemaran air tanah akibat sampah atau limbah di daerah tersebut.

Oleh sebab itu, jika Anda berencana untuk membuat sumur, Anda bisa menggunakan jasa sumur bor Bekasi yang lebih profesional.

Dengan bantuan pihak jasa pembuatan sumur bor tersebut, Anda bisa menentukan tempat pembuatan sumur yang tepat dan membuat sumur lebih dalam sehingga resiko mendapatkan air tercemar limbah lebih rendah.

Ada banyak pilihan jasa dan mesin pembuat sumur yang bisa Anda pilih di daerah Bekasi dan sebaiknya Anda pilih dengan mempertimbangkan banyak hal seperti harga dan paket yang ditawarkan.

Ketahui jasa yang akan Anda gunakan dan pertimbangkan reputasinya.

Jangan sampai salah pilih karena jasa pengeboran sumur yang Anda pilih akan menentukan kualitas air yang Anda dapatkan.

Your Thoughts

Sumur