Manfaat Air Tanah dan Jasa Sumur Bor Depok

https://sumurbor-murah.com/ – Jasa Sumur Bor Depok Kebutuhan air bersih saat ini menjadi hal yang penting untuk dipertimbangkan saat memilih hunian.

Sumur

Mengingat air bersih sulit didapatkan di daerah perkotaan dibandingkan dengan di daerah pedesaan maka diperlukan sarana untuk mendapatkan air bersih tersebut.

Salah satu solusi untuk mendapatkan air bersih adalah dengan menggunakan sumur bor.

Sumur bor adalah sumur yang digali hingga kedalaman tertentu dengan bantuan alat atau mesin bor.

Sumur ini dapat mencapai kedalaman dimana air tanah bersih berada.

Air tanah yang berada pada lapisan dalam tanah lebih bersih dan dapat dikonsumsi dibandingkan air tanah yang berada di lapisan tanah dangkal khususnya di perkotaan yang rawan pencemaran.

Jika Anda sedang mencari hunian di daerah Depok atau memiliki usaha maupun tinggal di daerah ini anda bisa ketahui informasi tentang sumur bor Depok berikut!

Manfaat mengkonsumsi air tanah

Sumur bor biasanya digunakan untuk mendapatkan air tanah yang layak dikonsumsi, meskipun sumur ini juga digunakan dalam dunia pertambangan.

Meski saat ini air bersih bisa didapatkan dari perusahaan air minum, air tanah tetap punya manfaat tersendiri.

Selain tidak perlu mengeluarkan biaya alias gratis, air tanah juga punya beberapa manfaat untuk kesehatan.

Sumur

Beberapa manfaat air tanah diantaranya adalah membantu menjaga metabolisme tubuh, menurunkan resiko serangan jantung dan membantu menurunkan berat badan.

Air tanah yang diperoleh dari sumur bor dalam juga lebih berkualitas dibandingkan dengan sumur dangkal.

Hal ini dikarenakan air pada lapisan tersebut tidak mudah terkontaminasi oleh lingkungan luar.

Bayangkan jika Anda tinggal di kota besar ataupun daerah yang tercemar oleh kontaminan seperti kandungan minyak bumi maupun polutan lainnya seperti limbah industri.

Dengan memiliki sumur yang lebih dalam tentu Anda bisa mendapatkan air yang bebas kontaminan tersebut.

Kualitas air tanah dalam juga tidak mudah berubah dibandingkan dengan air tanah yang ada di lapisan tanah dangkal.

Selain dipengaruhi oleh pencemaran air tanah di lapisan dangkal juga dipengaruhi oleh kondisi cuaca maupun lingkungan di sekitarnya.

Jika banyak terjadi kontaminasi dari bahan bakar maupun sampah di lingkungan tersebut maka zat kimia yang ada pada bahan bakar atau sampah tersebut juga akan terserap pada lapisan tanah.

Pada intinya, jika Anda ingin air tanah yang lebih bersih dan dapat dikonsumsi terutama jika tinggal di daerah perkotaan sebaiknya Anda memiliki sumur bor sendiri, selain mengandalkan air PAM atau PDAM di daerah tersebut.

Jasa Sumur Bor Depok
Jasa Sumur Bor Depok

Kekurangan sumur bor

Sumur bor memang memiliki beberapa kelebihan dibandingkan sumur dangkal, tetapi ada pula kekurangan sumur bor yang mesti Anda perhatikan sebelum membuatnya.

Air tanah yang ada dalam sumur dalam biasanya juga mengandung mineral seperti kalsium maupun magnesium serta zat besi yang lebih tinggi dibandingkan dengan air tanah yang ada di lapisan tanah dangkal.

Hal ini tentu bisa menjadi pertimbangan karena mineral-mineral tersebut juga tidak baik dikonsumsi jika kadarnya terlalu tinggi.

Untuk itulah Anda harus memperhatikan kedalaman yang tepat agar air tanah yang didapat tetap dapat dikonsumsi dan tidak mengandung mineral dalam kadar yang terlalu tinggi.

Selain itu, biaya yang dibutuhkan untuk membuat sumur bor dalam juga tidak sedikit sehingga Anda perlu mempertimbangkan biaya yang diperlukan dan budget yang Anda miliki.

Ada beberapa faktor yang mempengaruhi harga jasa sumur bor  termasuk faktor alat yang digunakan, jarak kantor perusahaan penyedia jasa dengan lokasi sumur bor, material yang digunakan seperti pompa dan pipa, dan kondisi tanah di mana sumur akan dibangun.

Jika tekstur tanah cukup keras dan sulit digali maka harga jasa yang ditawarkan juga akan semakin mahal.

Begitu pula jika pompa atau pipa yang digunakan punya kualitas yang lebih baik, tentu Anda harus membayar lebih.

Sumur bor juga menggunakan pompa yang bergantung pada suplai listrik sehingga jika listrik mati maka Anda tidak bisa mendapatkan pasokan air.

Untuk menyimpan cadangan air jika sewaktu-waktu listrik padam, maka Anda memerlukan toren air yang harganya juga cukup mahal.

Kondisi air tanah di daerah Depok

Depok adalah salah satu kota di provinsi Jawa Barat yang berada di sebelah selatan Kota Jakarta.

Karena dekat dengan ibukota maka Depok juga merupakan wilayah yang padat penduduk dan menjadi salah satu sentra industri atau usaha.

Banyak pemukiman dan industri yang dibangun di kota Depok demikian juga dengan gedung dan perkantoran.

Berdasarkan data dari pemerintah, masyarakat Depok sendiri saat ini lebih banyak menggunakan air tanah atau sumur untuk mendapatkan air bersih.

Sekitar 86% warga Depok menggunakan air tanah sebagai sumber air bersih dan hanya 14% yang menggunakan jasa Perusahaan Air Minum.

Meski demikian, data juga menyebutkan bahwa ada tiga kecamatan di Depok yang air tanahnya sudah mengalami pencemaran termasuk Sawangan, Cimanggis, dan Bojongsari.

Air tanah di wilayah tersebut sudah tercemar dan sudah tidak layak dikonsumsi.

Karena air tanah dari sumur dangkal sudah tercemar, maka diperlukan sumur yang lebih dalam untuk mendapatkan air tanah yang lebih bersih di wilayah tersebut.

Jika Anda kebetulan memiliki rumah atau sedang mencari hunian di wilayah tersebut maka Anda harus mempertimbangkan beberapa hal sebelum membuat sumur air tanah.

Hal yang perlu direncanakan sebelum membuat sumur bor

Sebelum membuat sumur bor, Anda harus mempertimbangkan beberapa hal dan merencanakannya secara matang.

Ketahui lokasi sumur bor dan tekstur tanah yang ada di lokasi tersebut sebelum mulai membangun.

Tekstur tanah dan lokasi juga bisa menentukan apakah sumur yang akan Anda buat bisa mengalirkan air tanah dengan baik atau tidak.

Tanah yang sulit dibor tentu akan membutuhkan tenaga dan alat yang lebih besar sehingga biaya yang dibutuhkan juga semakin besar.

Hal penting lainnya yang juga harus dipertimbangkan adalah kondisi tanah di lokasi tersebut, apakah tercemar atau tidak.

Tentukan juga kedalaman sumur yang akan dibuat dan mintalah bantuan jasa pembuat sumur bor untuk mengevaluasi kedalaman tanah yang sesuai untuk membuat sumur tersebut, terutama jika kondisi tanah di sekitar sudah tercemar.

Semakin dalam sumur yang digali atau di bor maka akan semakin mahal juga biaya yang diperlukan.

Rencanakan biaya yang dibutuhkan agar tidak meleset terlalu jauh dari budget yang Anda sediakan.

baca juga

Menggunakan jasa sumur bor Depok

Melihat kondisi air tanah di Depok yang masih sangat baik maka Anda bisa menggunakan air tanah tersebut untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Anda bisa menggunakan jasa sumur bor Depok untuk membuat sumur yang Anda inginkan.

Dengan menggunakan jasa sumur bor Depok tentu anda akan lebih mudah mengetahui berapa biaya yang diperlukan untuk membuat sumur sesuai kebutuhan Anda.

Jika Anda membuat sumur untuk usaha maka biasanya mereka juga memberikan jasa pengurusan Izin penggunaan air tanah, sehingga Anda tidak perlu repot mengurusnya ke dinas setempat.

Ketahui reputasi dan kualitas jasa sumur bor Depok yang akan Anda gunakan.

Bila perlu, cek juga garansi yang diberikan jika sewaktu-waktu sumur bor Anda mengalami masalah.

Itulah beberapa informasi yang bisa anda dapatkan sebelum membuat sumur bor di daerah Depok.

Rencanakan semuanya dengan baik agar Anda bisa mendapatkan sumur bor yang sesuai untuk memenuhi kebutuhan Anda.

Your Thoughts

Sumur