sumurbor-murah.comPT. WILLY PERMATA AIR adalah satu perusahaan yang bergerak dibidang Pengeboran air tanah. PT. WILLY PERMATA AIR perkembangan dari Raja Bor Sumur Bekasi yang telah berdiri  sejak 25 Januari 1998. Berawal dari mengelola usaha, memasarkan jasa skala kecil dan dikarenakan kemajuan jaman yang semakin cepat serta pembangunan yang sangat pesat maka pada tahun 2019 kami tertekad untuk melangkah bersaing menuju skala besar.

Berbekal ilmu dan pengalawan yang cukup PT. WILLY PERMATA AIR ikut serta berpartisipasi dalam membangun masyarakat sekitar dengan cara memberikan lapangan pekerjaan kepada masyarakat yang mempunyai potensi.

Tujuan utama berdirinya PT. WILLY PERMATA AIR adalah sebagai wujud partisipasi guna melestarikan lingkungan dan memberikan kontribusi terhadap masyarakat sekitar serta menjadi  Perusahaan Pengeboran yang tangguh, profesional, selaras dengan perkembangan jaman.

Kepuasan mitra kami adalah parameter dari berhasilnya inovasi yang kami berikan terhadap jasa serta tanggung jawab moril yang selalu dijunjung dalam melakukan pekerjaan dengan benar.

Merupakan kehormatan dan tantangan bagi kami jika perusahaan mitra memberikan kepercayaan kepada kami, sehingga setiap pekerjaan dan perkembangan inovasi dapat diterapkan terhadap seluruh pekerjaan yang diberikan perusahaan kepada kami.

VISI DAN MISI

VISI

“Menjadi perusahaan pengeboran yang pertama dan terbaik dikelasnya dalam memenuhi kebutuhan dan inspirasi konsumen”

MISI

  • Mewujudkan Sumber Daya Manusia yang kompeten dan mimiliki integritas, kreativitas dan tata nilai positif
  • Meningkatkan mutu pelayanan yang berkualitas dibidang jasa pengeboran
  • Bekerja dengan penuh tanggung jawab terhadap mitra, masyarakat dan lingkungan tempat bekerja
  • Mewujudkan hubungan yang harmonis dengan para pemangku kepentingan (stakeholder)

PRODUK LAYANAN DAN PENGERTIAANYA

SHALLOW & DEEP WELL (SUMUR BOR DANGKAL & SUMUR BOR DALAM)

Pengeboran Sumur Shallow atau biasa disebut dengan sumur bor dangkal ini biasanya digunakan untuk skala rumah tangga atau pertokoan dll. Kedalamannya bervariasi mulai dari 10 s/d 70m tergantung lokasi dan kebutuhan.

Pengertian sumur bor deep well atau biasa disebut sumur bor dalam yaitu sumur bor yang mengambil sumber air tertekan dari lapisan aquifer atau zona jenuh dibawah tanah. Kedalaman pengeboran umumnya berkisar antara 100 s/d 300 meter atau tergantung dari kondosi hidrogeologi dan izin yang diberikan oleh Pemerintah Dinas setempat.

Keuntungan menggunakan Deep Well adalah ketersediaannya air yang lebih banyak dari sumur pantek sumur dangkal, selain itu lapisan aquifer yang mengandung air asin atau payau dapat dihindari.

SURVEY GEOLISTRIC

Geolistrik merupakan salah satu metode geofisika yang bertujuan mengetahui sifat-sifat kelistrikan lapisan batuan dibawah permukaan tanah dengan cara menginjeksikan arus listrik ke dalam tanah. Geolistrik merupakan salah satu metode geofisika aktif, karena arus listrik berasal dari luar system.

Geolistrik merupakan salah satu metode geofisika aktif, karena arus listrik berasal dari luar sistem. Tujuan utama dari metode ini sebenarnya adalah mencari resistivitas atau tahanan jenis dari batuan serta menditeksi aquifer air. 

Untuk menduga ada tidaknya potensi air tanah banyak cara yang dapat dilakukan, seperti studi peta hidrogeologi dan penyelidikan langsung di lapangan. Salah satu cara penyelidikan langsung di lapangan yang paling mudah tapi cukup efektif untuk penelitian potensi air tanah adalah dengan cara survey geolisrik, yaitu pendugaan tahanan jenis batuan di bawah permukaan tanah dengan alat resistivity meter.

Penyelidikan geolistrik dilakukan sebagai penelitian pendahuluan untuk memperoleh informasi data di bawah permukaan tanah yang menyangkut struktur geologinya, informasi yang diperoleh dari penyelidikan geolistrik ini akan sangat membantu di dalam menentukan langkah untuk pelaksanaan pemboran selanjutnya.

WELL LOGGING

Logging sumur adalah pengukuran dalam lubang sumur menggunakan instrumen yang ditematkan pada ujung kabel wireline dalam lubang bor. Wireline terdiri atas outer wire rope dan inner wire group of wires. Kabel luar memberikan kekuatan untuk menurunkan dan mengangkat instrumen dan kabel dalam berupa transmisi untuk mengatur peralatan logging dan untukmentelemetrikan data uphole ke perangkat perekaman di permukaan.

well logging Juga dikenal sebagai borehole logging adalah cara untuk mendapatkan rekaman log yang detail mengenai formasi geologi dengan menggunakan alat ukur yang dimasukkan kedalam lubang sumur atau lubang bor untuk evaluasi formasi dan identifikasi ciri-ciri batuan di bawah permukaan. Log dapat berupa pengamatan visual sampel yang diambil dari lubang bor (geological log), atau dalam pengukuran fisika yang dieroleh dari respon piranti instrumen yang di pasang didalam sumur (geohysical log). Well loging dapat digunakan dalam bidang eksplorasi minyak dan gas, Air Tanah, mineral, lingkungan dan geotechnical. Tujuan dari well logging adalah untuk mendapatkan informasi litologi, pengukuran porositas, pengukuran resistivitas, dan kejenuhan hidrokarbon. Sedangkan tujuan utama dari penggunaan log ini adalah untuk menentukan zona, dan memperkirakan kuantitas minyak dan gas bumi dalam suatu reservoir. Pelaksanaan wireline logging


BORE HOLE CAMERA

Apa itu Bore Hole Camera? Mungkin sebagian dari kita masih banyak yang bertanya-tanya apa itu hole camera dan kenapa harus memakai bore hole camera.

Kegiatan Borehole Camera dilakukan untuk menyelidiki kondisi sumur bor sehingga data – data berupa posisi dan kedalaman Screen (Saringan), ukuran pipa konstruksi dan kedalaman suatu sumur dapat diketahui dengan mudah karna di output dengan sistem video yang mumudahkan user dalam mengamati lubang sumur.
Setelah kita membahas apa itu bore hole camera, saya akan meringkas kembali tentang pentingnya kegiatan bore hole camera pada sumur air tanah dalam.
kami PT Willy Permata Air sering menjumpai permasalahan-permasalahan pada sumur air tanah, alhamdulilah kami bisa mengatasinya, karena kami mempunyai metodelogi dan sistem kerja yang baik di bidangnya. untuk lebih mempersingkat waktu kami akan menjelaskan keuntungan dari menggunakan jasa bore hole camera (deep well inspection) yang kami kerjakan. berikut ini kami sudah meringkas beberapa hal pentingnya.

Keuntungan menggunakan jasa bore hole camera PT. Willy Permata Air :

Sebagai sarana / proses dalam perpanjang ijin sumur dalam.
Sebagai proses pembuatan ijin sumur dalam yang tidak di ketahui kontraktornya (ilegal). Kontraktor ilegal disini dimaksudkan mereka yang hanya mengebor sumur tetapi tidak memiliki badan hukum di bidang kontruksi sumur air tanah dalam (SIUJK /Surat Ijin Usaha Jasa Kontruksi Sumur Air Tanah Dalam SP 008)
Sebagai pelaporan data hasil pekerjaan sumur dalam antara pihak kontraktor dengan pihak owner, agar di capainya hasil yang di harapkan ke anatara dua belah pihak yang berkerjasama.
untuk mengetahui kedalaman, kerusakan pada dinding sumur air tanah dalam.
Untuk mengetahui saringan / screen sumur air tanah dalam yang sudah terpasang

PUMPING TEST

Metode pengukuran debit air untuk sumber air bergerak(tampak aliranya) biasanya mengunakan metode pengukuran benda apung dan juga metode pengukuran dengan menggunakan alat ukur. Hal ini disebabkan karena adanya factor kecocokan dan kemudahan dalam hal pelaksanaanya.Berbeda halnya dengan sumber air diam,pengukuran debit sumber air diam paling cocok adalah dengan menggunakan pumping test.

Pumping test merupakan metode pengukuran debit air yang beride dari pengamatan kontinuitas sumber air dan ketersedian air dari sumber itu sendiri. Hal yang menjadi inti dari pumping test ini adalah perbandingan antara penurunan muka air pada saat pumping terhadap kenaikan muka air pada saat recovery dala tenggat waktu yang sama.Beberapa kemungkinan dari keadaan pengukuran debit dengan pumping test  antara lain:

  1. Jika perbandingan dari dua keadaan ini (laju penurunan muka air pada saat pumping terhadap laju kenaikan muka air ketika recovery) adalah 1 maka debit sumber = debit air yang dikeluarkan pompa(output pompa).
  2. Jika laju penurunan muka air pada saat pumping  lebih besar terhadap laju kenaikan muka air ketika recovery, berarti debit sumber lebih kecil daripada debit pompa(output).
  3. Jika laju penurunan muka air pada saat pumping  lebih kecil terhadap laju kenaikan muka air ketika recovery, berarti debit sumber lebih besar daripada debit pompa(output).

Untuk mendapatkan nilai debit sesungguhnya dari sumber dapat diketahui dengan mengalikan luas area sumber dengan tinggi kenaikan muka air air rata-rata pada saat recovery.

3. Tata Cara Pumping Test

Secara sederhana langkah-langah pumping test antara lain:

a)    Sediakan pompa air dengan spesifikasi output yang telah diketahui.

b)    Sediakan pula komponen pendukung pompa seperti selang ,filter,karet,bahan bakar,atau air untuk pancingan/starter pompa.

c)    Sediakan instrumen pengukuran kenaikan dan penurunan muka air bisa berupa tongkat yang dipasang meteran atau instrument lainya sesuai kebutuhan/jenis medan,sebelumya catat tinggi muka air di keadaan awal.

d)    Sediakan lembar pencatatan dan stopwatch/alat ukur waktu.

e)    Lakukan kegiatan pemompaan,aturlah debit output pompa dan ukur debit output pompa(bisa dengan menggunakan suatu wadah air yang diukur seberapa cepat air mengisi volume wadah tersebut) .

f)     Lakukan pencatatan penurunan muka air sumber tiap 10 menit dan lakukan kegiatan pemompaan dalam kurun waktu 2-3 jam,waktu sebenarnya disesuaikan dengan keadaan sumber itu sendiri.

g)    Matikan pompa dan hentikan kegiatan pemompaan.

h)    Lakukan pencatatan penurunan muka air sumber tiap 10 menit (masa recovery),atau hingga muka air mencapai kondisi airnya

i)      Bandingkanlah hasil perubahan muka air pada saat pemompaan terhadap keadaan di waktu recovery.

j)      Analisa hasil tersebut.

WATER JETTING/COMPRESSOR

Mengapa harus menguras sumur bor, yang pasti air bau karena kemasukan binatang atau air keruh karena pendangkalan di dalam lubang sumur bor tersebut. Air keruh karena pendangkalan bisa terdeteksi dalam aliran pompa air sumur tersebut yang semakin lama semakin pelan, dikarenakan daya hisap pompa air lebih besar dari padi keluarnya sumber air dalam sumur bor dengan kata lain tidak balance. Terjadinya pendangkalan disebabkan oleh pasir di lubang sumur bor kemungkinan besar pasir tersebut melewati screen pipa sumur bor.

Kondisi baik Sumur Bor Jet Pump atau Sumur Bor Dalam, apabila sudah lama tidak digunakan kami sarankan untuk melakukan tindakan Flashing atau Pengurasan dulu sebelum di pasangi mesin pompa air baik Pompa Air Jet Pump maupun Submersible Pump untuk pengambilan air.

Adapun Tujuan Flashing atau Pengurasan Sumur Bor :
1. Mengatasi air sumur yang keruh dan bau
2. Mengatasi sumur penuh dengan lumpur atau sumur bor mengalami pendangkalan.

PERPANJANG IZIN PENGEBORAN

Adalah suatu kewajiban dan harus dilaksakan bagi seluruh perusahaan, hotel, sumah sakit atau instansi lainnya yang mempunyai pengeboran sumur dalam/deep well untuk melakukan perpanjang perizinan pengambilan air tanah. Apabila suatu perusahaan ketahuan bahwa suatu perusahaan mengambil air tanah tanpa izin maka denda yang akan diberikan oleh pihak yang berwajib cukuplah mahal. Mengingat Peraturan Pemerintah Nomor 121 Tahun 2015 tentang Pengusahaan Sumber Daya Air. Maka dari itu kami sebagai perusahaan yang bergelut dibidang pengeboran air tanah menyediakan jasa perpanjang izin pengeboran bagi perusahaan yang telah habis masa berlaku pengambilan air tanahnya.