Tips Memilih Jasa Sumur Bor

Categories: Uncategorized
No Comments

Jasa Sumur Bor Tangerang Dengan berkembangnya jumlah pemukiman, perkantoran maupun industri, saat ini kebutuhan air bersih juga semakin meningkat.

Meski demikian air tanah yang bersih juga semakin sulit didapatkan karena jumlahnya yang semakin menipis dan juga kontaminasi yang terjadi akibat pencemaran membuat air tanah tidak dapat dikonsumsi.

Untuk dapat memperoleh air tanah yang berkualitas dan dapat dikonsumsi,  maka dibuatlah sumur bor yang dapat menggali lapisan tanah lebih dalam dimana air tanah tersedia dalam jumlah yang cukup besar.

Jika Anda berencana untuk membuat sumur bor di daerah Tangerang, Anda bisa mempertimbangkan beberapa hal dan mempelajari karakteristik air tanah yang baik sebelumnya.

Berikut informasi dan tips yang bisa Anda ketahui sebelum membuat dan menggunakan jasa sumur bor Tangerang!

Kekurangan dan kelebihan sumur bor

Jika Anda membutuhkan air tanah yang berkualitas dan layak dikonsumsi maka Anda bisa memilih sumur bor sebagai salah satu solusinya.

Sumur bor bisa mencapai lapisan tanah di bagian dalam termasuk lapisan akuifer dimana air tanah tersedia dalam jumlah yang cukup melimpah.

Dengan begitu Anda dapat memperoleh air tanah sendiri tanpa harus berlangganan dari perusahaan Air Minum.

Sumur bor juga dapat dibuat dalam waktu yang lebih singkat dan dan lebih cepat dibandingkan dengan membuat sumur gali.

Hal ini dikarenakan penggunaan alat atau mesin bor yang lebih efisien daripada tenaga manusia.

Sumur bor juga tidak memerlukan lahan atau ruang yang luas sehingga cocok digunakan untuk rumah tangga maupun tempat usaha yang memiliki lahan sempit.

Sumur dibuat dengan diameter yang lebih kecil sesuai dengan ukuran pipa yang digunakan di dalam sumur.

Soal kualitas air tanah, sumur bor khususnya sumur dalam lebih baik dibandingkan sumur gali atau sumur dangkal karena tidak mudah terkontaminasi pencemaran di lingkungan sekitarnya.

Perlu diketahui bahwa air tanah yang berada pada lapisan tanah dangkal mudah terpengaruh oleh lingkungan luar termasuk pencemaran akibat limbah industri maupun rumah tangga.

Jika air sudah tercemar oleh zat kimia tertentu tidak dapat dikonsumsi atau digunakan untuk keperluan sehari-hari.

Meski memiliki beberapa kelebihan, sumur bor juga memiliki beberapa kekurangan diantaranya adalah biaya yang lebih mahal dan penggunaan energi listrik.

Pembuatan sumur bor menggunakan peralatan yang cukup canggih sehingga untuk membuatnya tentu memakan biaya yang cukup besar.

Selain itu, sumur bor hanya bisa bekerja dengan bantuan pompa air sehingga jika listrik pada maka pompa air tersebut tidak dapat digunakan untuk mengalirkan air.

Itulah Beberapa kelebihan dan kekurangan sumur bor yang bisa Anda ketahui.

Tips Memilih Jasa Sumur Bor

Karakteristik air tanah yang baik

Air tanah adalah air yang berada di dalam lapisan tanah maupun batuan termasuk yang ada pada lapisan akuifer.

Air tanah yang baik dan layak dikonsumsi memiliki beberapa kriteria atau karakteristik yang perlu Anda ketahui.

Sebelum membuat sumur bor, ada baiknya anda juga menganalisa air tanah yang ada di lokasi tersebut apakah bersih atau sudah tercemar.

Indikator pertama yang menunjukkan bahwa air tanah dari sumur bor bisa dikonsumsi adalah kejernihannya.

Air tanah yang keruh dan berwarna kecoklatan biasanya mengandung lumpur atau karena musim kemarau.

Jika air jernih, maka Anda bisa mengamati indikator lainnya yakni dari rasanya.

Air tanah yang baik tidak memiliki rasa atau tawar, jika air memiliki rasa tertentu seperti asin atau rasa lainnya maka air tidak dapat dikonsumsi.

Setelah itu Anda bisa mengamati indikator lainnya seperti kesamaan atau pH yang harus berada pada angka netral yakni 6.8 hingga 7.2.

Anda juga bisa mengecek kadar kandungan kimia pada air tanah tersebut dan adanya kandungan bakteri maupun indikator lainnya.

Jangan sampai Anda sudah mengeluarkan banyak biaya tetapi air tanah yang Anda dapatkan tidak sesuai kualitasnya.

Untuk itulah Anda harus merencanakan pembuatan sumur bor dengan bijaksana.

Kondisi air tanah Tangerang

Tangerang adalah salah satu kota atau Kabupaten yang berada di daerah provinsi Banten

Daerah ini memiliki kepadatan penduduk yang cukup tinggi sehingga konsumsi air juga semakin meningkat.

Sebagian penduduknya menggunakan air tanah sebagai sumber pemenuhan kebutuhan air dan hanya sebagian kecil yang menggunakan jasa Perusahaan Air Minum.

Meski demikian ternyata ada beberapa wilayah di Tangerang yang telah mengalami krisis air tanah sehingga pemerintah berusaha untuk mengatasi masalah tersebut dengan membuat sumur resapan.

Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan kabupaten Tangerang juga menyatakan bahwa beberapa daerah di Tangerang memiliki air tanah yang tercemar terutama oleh mineral zat besi dan magnesium, sehingga air tanahnya tidak dapat dikonsumsi.

Hal tersebut terjadi karena banyaknya industri yang mengambil air tanah secara besar-besaran dan membuang limbah yang dapat mencemari air tanah tersebut.

Air tanah di lapisan tanah dangkal sudah mulai berkurang dan tercemar sehingga untuk mengatasinya Anda bisa menggunakan sumur bor untuk menjangkau lapisan yang lebih dalam, hanya saja tentu biayanya lebih tinggi.

Hal yang harus diperhatikan sebelum membuat sumur bor

Sebelum membuat sumur bor untuk memenuhi kebutuhan air maka ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan.

Poin pertama yang perlu Anda pertimbangkan saat akan membuat sumur bor adalah menentukan lokasi di mana Anda akan membangun sumur tersebut.

Pastikan lokasi tersebut memiliki air tanah yang berkualitas dan tidak tercemar akibat limbah maupun polutan lainnya yang ada di lingkungan sekitar.

Setelah menentukan lokasi maka anda dapat merencanakan berapa biaya yang akan dibutuhkan untuk membuat sumur tersebut.

Rencanakan berapa biaya yang diperlukan untuk membeli alat dan material yang dibutuhkan.

Jika Anda tidak dapat membuat sumur sendiri maka anda bisa memanfaatkan jasa sumur bor Tangerang yang kini banyak tersedia.

baca juga

Memilih jasa sumur bor Tangerang

Saat ini banyak tersedia jasa sumur bor di kota atau kabupaten Tangerang.

Jika Anda ingin menggunakan jasa sumur bor Tangerang, Anda bisa mencari informasi di daerah Anda atau melalui internet.

Pastikan Anda memilih jasa sumur bor yang terpercaya dan memiliki alat yang lengkap termasuk untuk menguji air tanah dimana Anda akan membuat sumur bor.

Pertimbangkan lokasi jasa sumur bor tersebut dan pengalaman mereka, apakah hasilnya baik ataukah tidak.

Tanyakan pada penyedia jasa, sejak kapan mereka telah beroperasi dan proyek apa saja yang sudah mereka kerjakan.

Dengan begitu, Anda bisa mempertimbangkan apakah Anda akan menggunakan jasa dari pihak tersebut ataukah dari pihak lainnya.

Selain itu, cek juga harga yang mereka tawarkan apakah realistis dan sesuai dengan budget yang Anda miliki, jika terlalu mahal dan tidak realistis, Anda bisa mencari jasa sumur bor Tangerang lainnya.

Itulah beberapa hal yang perlu Anda pertimbangkan saat Anda akan membangun sebuah sumur bor entah untuk kepentingan rumah tangga maupun usaha.

Jangan lupa untuk memperhatikan hal-hal tersebut untuk mendapatkan air tanah yang layak konsumsi.

Your Thoughts